Home Info Pati Pegang Senjata Api, Polisi Wajib Lulus Tes Ini

Pegang Senjata Api, Polisi Wajib Lulus Tes Ini

Nug/Wartapati. Ujian Psikotes kelayakan menggunakan senjata api bagi personil di jajaran Polres Pati di Aula SMA Negeri 2 Pati, Selasa (23/10/2018).

Wartapati.com Pati – Kelengkapan senjata api (senpi) dalam bertugas merupakan hal penunjang bagi anggota kepolisian. Namun untuk menggunakan senpi tersebut, anggota polisi harus wajib lulus dalam serangkaian tes terlebih dahulu. Termasuk personil di jajaran Polres Pati pada Selasa pagi (23/10/2018) mengikuti tes psikologi di aula SMAN 2 Pati guna kelayakan menggunakan senpi.

Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti melalui Kabag Sumda Kompol Sumarni disampaikan Ba Sarpras Aiptu Suyitno menuturkan sejumlah 162 personil dijajaran Polres Pati mengikuti tes psikologi yang merupakan salah satu tes kelayakan menggunakan senpi.

“Tahapan anggota yang mau melaksanakan ujian psikologi adalah yang mau memegang senpi, reserse kriminal, narkoba kemudian pam obvit,” terangnya.

“Untuk menggunakan senpi, anggota polisi wajib lulus dalam tes ini.
Tujuan psikologi sejauh mana anggota perangainya karena ini membawa senpi. Tempramen Nya bagaimana dalam menghadapi situasi di lapangan, misal ada tekanan apakah bisa atau tidak mengendalikan dirinya untuk bisa mengamankan orang lain,” imbuh Aiptu Suyitno.

Sebelum pada tahap tes ini, anggota polisi sudah menjalani serangkaian tes. Bagi yang berada di jajaran polsek, maka penilaian terlebih dahulu dilakukan di tingkat Polsek masing-masing.

“Ketika itu sudah dinyatakan kepala fungsinya bahwa yang bersangkutan memenuhi syarat-syarat psikologi maka dikeluarkanlah LMPA, Lembar Monitoring Perilaku Anggota. Nanti setelah itu baru dilaksanakan penelitian personel dulu oleh propam. Kalau sudah ada hasil tes dari propam baru boleh ikut mengikuti ujian psikologi. Nanti hasil menentukan berhasil atau tidak,” katanya.

Selanjutnya personil masih mengikuti tes lanjutan, seperti tes kesehatan. Adanya serangkaian tes yang cukup panjang itu, diharapkan personil Polres Pati bisa mengoperasikan senpi sesuai mekanisme institusi sehingga tidak menimbulkan citra buruk dalam menggunakan senjata api.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.