Home Info Pati Komunitas Peduli Lingkungan, Wong Pati Ajak Anggotanya Bersihkan Eceng Gondok Di Sungai Simo

Peduli Lingkungan, Wong Pati Ajak Anggotanya Bersihkan Eceng Gondok Di Sungai Simo

SHARE
Wong Pati
HD/wartapati Komunitas Wong Pati bersihkan eceng gondok di Sungai Simo Juwana

Wartapati.com Juwana – Bagi anda yang sering melintas di julur pantura Pati-Juwana pasti taka sing dengan sungai Simo. Sungai yang tepat berada di sebelah jalan pantura ini memang kerap dipenuhi dengan eceng gondok. Hari ini Sabtu, (03/03/2018) komunitas Wong Pati bersama-sama melakukan kerja bakti membersihkan eceng gondok yang ada di Sungai Simo.

Mengingat Sungai Simo ini merupakan salah satu sungai yang cukup vital maka dilakukan kerja bakti. Tujuannya agar aliran Sungai Simo kembali lancer dan wilayah Pati tidak terjadi bencana banjir lagi. Selain itu agar lingkungan bersih, juga tidak kumuh, tidak ada nyamuk, serta terhindar dari penyakit.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Berharap Nelayan Pati Tidak Lagi Menggunakan Kapal Cantrang

wong Pati
HD/wartapati TNI bersih eceng gondok

Melihat begitu banyaknya tumbuhan eceng gondok yang ada dan menutupi aliran sungai, salah satu anggota Wong Pati mengatakan kegiatan kerja bakti ini bisa sampai sore.

“Kami komunitas Wong Pati, tadi mulai start jam 7 langsung menuju lokasi. Diperkirakan aktivas sampai sore, namun untuk penyelesaian sampai benar-benar selesai belum bisa diprediksi karena banyaknya permasalahan eceng gondong yang ada di saluran air Pati-juwana,” ungkap Didik, salah satu anggota Wong Pati.

Tak hanya dari Wong Pati saja melainkan bersama TNI, Polri, Pemda Pati serta komunitas lainnya seguyub menyelesaikan masalah yang ada sebagai tanda bakti social sebagai warga Pati.

“Yang diharapkan kelancaran air, karena aliran air kali pati juwana ini sangat vital ketika musim penghujan. Maret  hingga april masih diprediksi curah hujan masih turun, diharapkan aman dari bencana banjir di wilayah pati dan sekitarnya. Air hujan agar bisa langsung ke muara”, imbuh Didik.

Wong Pati
HD/wartapati BPBD bersihkan Sungai Simo

Salah satu anggota TNI berharap setelah kegiatan ini diharap masyarakat bisa menjaga dan merawat lingkungan tempat tinggal mereka.

Baca juga: Datang Ke Juwana Menteri Susi Menyempatkan Naik Cukrik

“Pertama Untuk agar tidak banjir, kumuh, kebersihan, tidak banyak nyamuk, tidak ada penyakit. Diharap masyarakat menjaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan, jangan terlanjur kumuh seperti ini, masih sedikit dibersihkan”, ungkap Citiono dari koramil Margoyoso.

Dari kegiatan kerja bakti ini berhasil dikumpulkan sebanyak 50 truk eceng gondok. [DW]

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.