Home Wisata Pedas Gurih Kuliner Tradisional Sego Pedes Khas Njontro Wedarijaksa

Pedas Gurih Kuliner Tradisional Sego Pedes Khas Njontro Wedarijaksa

sego pedes
sego pedes

Wartapati.com Wedarijaksa – Kuliner Kabupaten Pati tak ada habisnya, terlebih makanan tradisional masih sangat dominan mewarnai khas kuliner Pati. Kali ini menu tradisional sederhana, sego pedes (nasi pedas) yang terkenal dari Desa Jontro, Wedarijaksa.

Bagi pecinta kuliner lokal sudah sangat mengenal makanan ini. Namun bagi yang belum pernah, dan kebetulan mengunjungi Pati, boleh berkenalan dengan kuliner berpenyajian pedas dengan campuran potongan cabai sego pedes namanya.

Ditambah dengan lauk tempe goreng, pia-pia, gimbal urang (keripik udang) atau telur, membuat makanan berkuah santan ini semakin lengkap untuk disantap. Cita rasa khas selain pedas adalah lauk dari tempe semangit (terlalu matang) ditemui pada saat mencicipi sego pedes.

Salah satu penjual sega pedes, Sumini, menuturkan pelanggan yang berasal dari semua kalangan bisa menikmati, lantaran menu tersebut tergolong cukup murah, hanya 6 ribu hingga 8 ribu rupiah saja perporsinya.

“karyawan, pegawai koperasi, sales, hingga polisi. Jadi setiap harinya minimal menghabiskan 17 kilogram beras,” terang Sumini, Sabtu (4/11).

Penjual sega pedes yang memiliki dua karyawan itu menambahkan, sejarah kuliner ini bermula dari sesepuh (danyang-jawa) Desa Njontro, Nyai Lanjar Njontro yang terkenal sebagai penjual. Sehingga hingga sekarang ini, warga perempuan desa tersebut dikenal sebagai penjual.

“sejarah tempe pedes dari Nyai Lanjar Njontro yang pada saat itu berjualan, perempuan sering jualan jadi cocok jualan, namun seterusnya hingga sekarang laris berjualan, jadi cocoklah,” imbuhnya.

Bagi pengunjung yang ingin mecicipi sego pedes, bisa mengunjungi warung Bu Sumini yang letaknya 10 kilometer ke utara dari pusat kota Pati, buka pukul 11.00 hingga 21.00 wib.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.