Home Info Pati Patut Di Contoh Langse Margorejo Dengan Inovasi Bio Gas Untuk Desa Mandiri...

Patut Di Contoh Langse Margorejo Dengan Inovasi Bio Gas Untuk Desa Mandiri Energi

Patut Di Contoh Langse Margorejo Dengan Inovasi Bio Gas Untuk Desa Mandiri Energi
istimewa/wartapati. pemkab tinjau instalasi biogas reaktor kapal selam buatan warga Desa Langse Kecamatan Margorejo Pati

Wartapati.com Margorejo – Langse menuju Desa mandiri energi melalui inovasi pengolah limbah kandang menjadi biogas, buatan warga Desa Langse Kecamatan Margorejo Pati, Inovasi ini disebut reactor Kapal Selam. Hebatnya reaktor ini Tak hanya menghasilkan gas untuk keperluan aktivitas dapur tetapi juga bisa di aplikasikan untuk menggerakan mesin, Reaktor kapal Selam ini juga menghasilkan pupuk tanaman untuk kepentingan bertani.

Inovasi ini mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat berupa lahan yang digunakan untuk pengembangan teknologi yang mempekerjakan 10 warga. Inovasi Desa tersebut di pamerkan dalam  Bursa Inovasi Desa pada Selasa kemarin (30/10/2018).

Baca jugaLimbah Ternak Ayam Jadi Biogas Milik Warga Kedungbulus Gembong

Kades Amirudin mengatakan inovasi tersebut merupakan satu percontohan bagi warganya untuk memanfaatkan limbah menjadi benda yang berguna.

“Melihat potensi bahan baku untuk produksi biogas di daerah kami yang melimpah, kedepan akan kami kembangkan agar teknologi itu bisa dimanfaatkan meraga oleh warga,” katanya.

Bahan baku berupa limbah kandang tidak dibatasi dari ternak tertentu. Gas yang dihasilkan merupakan percampuran dari limbah ternak kelinci, kambing dan lainnya.

Baca Juga : Tujuh Pelanggaran Ini Sasaran Operasi Zebra 2018 Polres Pati

Inovasi tersebut pernah mengantarkan Desa Langse terpilih menjadi perwakilan pada lomba desa mandiri energi tingkat provinsi. Cara kerja dari biogas ini adalah menampung tangki yang mengolah kotoran menjadi gas. Gas tersebut dialirkan melalui instalasi pipa yang cukup aman untuk menjadi api.

Amirudin berharap atas pengembangan inovasi ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran dari masing-masing warganya.Nug 

Jangan Lupa Lihat Vidio Kearifan Peternak Meri Kang Jamal

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.