Home Info Pati Operasi Gabungan, Kayu 6 Truk Diamankan Dari Ronggo Kecamatan Jaken

Operasi Gabungan, Kayu 6 Truk Diamankan Dari Ronggo Kecamatan Jaken

istimewa/Wartapati. 1-5. Barang bukti kayu jati sitaan dari Desa Ronggo Kecamatan Jaken di KPH Pati, Kamis (24/10/2018).

Wartapati.com Jaken – Operasi dari tim gabungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), TNI dan Polri mengamankan kayu jati sebanyak 6 truk dari desa Ronggo Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, Rabu (24/10/2018). Barang bukti kayu berupa gelondongan, balok dan papan itu didapat dari rumah warga sekitar.

Desa Ronggo diduga menjadi salah satu pusat penampungan kayu ilegal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, desa yang terletak bagian timur Kabupaten Pati menjadi tempat penampungan kayu ilegal terbesar di Jawa.

Baca Juga :  109 Botol Miras Diamankan Oplosan Berasal Dari Kayen

Operasi gabungan berjumlah 138 personil dari Ditjen Gakkum yang terdiri dari Direktorat Pencegahan dan Pengamanan Hutan (PPH), Direktorat Penegakan Hukum Pidana (PHP), Balai Gakkum Jabal Nusra dan Balai Gakkum kalimantan. Personil tersebut mendapat bantuan dari Kowas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bareskrim Polri, personil Brimob Kedung Halang Bogor, POMDAM IV Diponegoro, tenaga teknis dan penguji BPHP Denpasar.

Tim operasi dipimpin langsung Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan (PPH) Sustyo Iriyono dan Direktur Gakkum Pidana Yazid Nurhuda. Kepala Seksi di Direktorat PPH Leonardo Gultom bertindak sebagai komandan lapangan.

Satpol PP Pati Gelandang Siswa Sekolah Yang Bolos 

Dirjen Gakkum Rasio Ridho Sani menuturkan pihaknya konsisten menindak tegas pelaku kejahatan pengrusakan lingkungan hidup dan kehutanan.

“Illegal logging dan peredaran kayu illgal harus diberantas karena merugikan negara. Kami akan tindak jaringan-jaringan yang terlibat, termasuk pemodal,” Kata Rasio Ridho Sani, Kamis (25/10/2018).

Baca JugaPegang Senjata Api, Polisi Wajib Lulus Tes Ini

Lanjut Dirjen Gakkum, operasi represif-yustisi ini diharapkan dapat memberi pesan yang jelas kepada penebang dan pengedar kayu illegal.

Direktur PPH menyatakan operasi gabungan berhasil dengan baik berkat semua pihak yang berkomitmen bersama menyelamatkan ekosistem dan kerugian negara.

“Skema operasi gabungan penegakan hukum atas Illegal Logging di Desa Ronggo dapat dijadikan satu model penanganan kasus serupa di wilayah lain,” imbuhnya.

Operasi gabungan yang dilaksanakan pukul 08.00 hingga 11.00 pada Rabu lalu sebagai bentuk tindak lanjut dari laporan aduan Direksi Perhutani.Nug

Lihat Vidio Pameran Pusaka Di Gedung Juang Pati 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.