Home Info Pati Nenek 70 Tahun Terpaksa Tidur Di Bawah Pohon, Karena Rumahnya Dihantam Angin

Nenek 70 Tahun Terpaksa Tidur Di Bawah Pohon, Karena Rumahnya Dihantam Angin

berita pati
Istimewa/Wartapati. Nenek Rukati, warga RT 4 RW 3 Dukuh Selempung, Desa/Kecamatan Dukuhseti duduk dibawah pohon disamping rumahnya yang roboh disapu angin puting beliung dua pekan lalu.

Wartapati.com Dukuhseti – Keseharian seorang nenek di Desa Selempung Desa/Kecamatan Dukuhseti berbeda setelah musibah angin puting beliung meratakan rumahnya.

Sejak peristiwa itu, Rukati seorang janda 70 tahun terpaksa tidur di bawah pohon mangga yang berada di samping sisa bangunan rumahnya.

Sudah dua pekan ini, tepatnya 10 November bencana alam merusak rumah yang didiami mbah Rukati.

Baca Juga : Sungai Simo Rawan Banjir Mulai Dibersihkan

Rukati bertahan di bawah pohon mangga dengan memasang satu atap terpal sebagai pelindung dikala hujan. Satu ekor kambing merupakan satu-satunya harta milik Rukati yang selalu dijaga.

Aktivitas sehari-hari hanya bisa duduk di depan tempat tidurnya yang hanya bersekat anyaman bambu.

“Ya tidur disinilah, baru jika ada hujan masuk ke rumah. Kepinginnya segera dibangun, tapi belum ada uangnya,” lirih Rukati dalam bahasa Jawa, Minggu (25/11).

Sudarno, ketua RT setempat menyebut sebenarnya sudah ada bantuan dari pihak terkait. Seperti uang tunai, sembako, 4 lembar seng dan triplek, tenda serta tikar baik dari PMI, Dinsos, hingga BPBD Pati. Meski sudah ada, namun menurutnya bantuan tersebut tidak cukup untuk mendirikan rumah baru.

Hanya saja sisa kayu rumahnya ada sebagian yang lapuk, maka dikhawatirkan beresiko jika dibuat rumah.

”Selain itu juga pamali kata orang desa, membangun ulang dengan material reruntuhan. Sebenarnya kita warga sekitar juga sudah berencana iuran untuk mendirikan rumah. Tapi informasinya pihak desa sudah mengajukan bantuan ke pemerintah. Namun hingga sekarang kok belum ada realisasi,” kata Sudarno.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Desa Dukuhseti, Sukarji membenarkan adanya pengajuan proposal bantuan. Saat ini pihaknya masih menunggu jawaban dari Dinas Sosial Pati terkait pencairan dana untuk membantu warganya itu.

“Belum Pak, kami masih menunggu dari Dinas Sosial. Tadi saya konfirmasi ke dinas, informasinya masih menunggu pembuatan nomor rekening Bu Rukati di BPD Jateng. Harapannya, bantuan ini segera cair lah,” jawab Sukarji.Nug 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.