Home Info Pati Nelayan Juwana Tunggu Perintah Uji Petik Cantrang

Nelayan Juwana Tunggu Perintah Uji Petik Cantrang

173
0
SHARE
Nelayan Juwana
Nug/Wartapati. Kapal cantrang di Sungai Juwana

Wartapati.com Juwana – Nelayan Juwana menungu pemerintah untuk melakukan uji petik dari imbas beroperasinya alat tangkap ikan cantrang. Namun hingga awal 2018 ini, belum ada tindakan dari pemerintah yang melakukan uji petik.

Justru yang melakukan uji petik dari satu Parpol dan kalangan akademisi yang memberi hasil bahwa alat tangkap ikan menggunakan cantrang ramah lingkungan.

“Kenyataan yang sudah dilakukan, penangkapan dengan alat cantrang ramah lingkungan. Jadai kita pertahankan karena cantrang karena selain ramah lingkungan, dari perekonomian masyarakat terjangkau,” terang Rohman, Ketua Paguyuban Nelayan Cantrang Juwana, Kamis (4/1/18).

Baca Juga : Himpunan Nelayan Pati Keluhkan Pelarangan Cantrang Beroperasi

Rohman khawatir dari dampak pelarangan cantrang ini memicu meningkatkan angka kriminalitas karena bertambahnya jumlah pengangguran dan kemiskinan.

“Melarang cantrang, dampak meningkatnya angka kriminalitas meningkat, kemiskinan yang pengangguran banyak. Perekonomian yang berkaitan dengan solusi cantrang dari perbankan macet,” kata Rohman.

Pihaknya juga mendesak agar pemerintah memberi solusi yang tepat menjawab persoalan ratusan nelayan cantrang Pati.

Rohman mengaku sejak pemberlakuan pelarangan cantrang, banyak nelayan menganggur dadakan. Jika pelarangan tersebut masih bisa ditoleransi, Dia dan anggota yang tergabung dalam Paguyuban Nelayan Juwana sudah beroprasi di laut jawa hingga perairan Kalimantan.

“Masih belum beroperasi dan kini menjadi pengangguran. Sekarang saja angka kriminalitas semakin banyak. banyak pencuri yang beraksi di daerah yang terdampak alat tangkap cantrang,” Kata Ketua Paguyuban Nelayan Juwana. [Nug]

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here