Home Berita Nasional Musim Barat, Tangkapan Ikan Nelayan Pati Turun 60 Persen

Musim Barat, Tangkapan Ikan Nelayan Pati Turun 60 Persen

67
0
SHARE
Nelayan Pati, Himpunan Nelayan Pati
Nug/Wartapati. Kapal di TAPI I Juwana

Wartapati.com Juwana –  Pergantian tahun bersamaan dengan musim (muson) barat, banyak Nelayan Pati yang mengurungkan niat untuk melaut. Hal itu terbukti dari jumlah kapal dan pendapatan hasil tangkap ikan menurun dari nelayan yang bersandar di TPI I Juwana.

Kondisi demikian diakui Kepala TPI melalui Kaur Lelang, Suratman. Sedikitnya jumlah kapal yang bersadar di TPI memengaruhi pendapatan ikan yang akan dibongkar.

“Pergantian tahun ini banyak kapal yang sudah pulang, rata-rata perhari ada 5 kapal, namun nanti yang terakhir nanti malam. Masih ada 10 kapal yang rencananya bongkar besuk, memang agak meningkat aktivitas. Namun perolehannya tidak banyak,” terangnya.

Pendapatan Nelayan Pati kapal cantrang rata-rata menurun 50-60 persen akibat musim barat yang berdampak pada tinggi gelombang laut, namun demikian, para nelayan tetap mengambil resiko tersebut.

“Ini berdampak pada kenaikan harga ikan, namun tidak banyak hanya 20 persen. sementara ini kan masih kapal cantrang dan kapal holder yang sementara ini masih bersandar di TPI,’” kata Suratman.

Kaur Lelang TPI I Juwana, Suratman menuturkan selama ini masih ada nelayan yang bertahan melaut meski hasilnya sebatas untuk mengembalikan modal berangkat. Namun demikian, perubahan musim diprediksi pada maret 2018.

“Musim barat ini musim hujan. Nelayan Pati Rata-rata di laut terkendala dengan ombak. Maka mencari ikan musim ini agak susah. Untuk kedepan mungkin bulan Maret ke selanjutnya itu baru panen,” terang Suratman.Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here