Home Kesehatan Menyambut Datangnya Ramadhan SMK Cordova Margoyoso Adakan Pelayanan Kesehatan Gratis

Menyambut Datangnya Ramadhan SMK Cordova Margoyoso Adakan Pelayanan Kesehatan Gratis

SMK Cordova
M. Niam Sutaman for wartapati. Warga yang beratusias ikut pelayanan kesehatan gratis di SMK Cordova, Margoyoso Pati

wartapati.com #Jurnaliswarga Margoyoso – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Haul K.H. Abdullah Zein Salam yang ke-17, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cordova Margoyoso, ‎‎Pati menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis, Minggu (6/5/2018). Kegiatan ini bekerjasama dengan Djarum Foundation dan Yayasan Bakti Insan Sehat Jawa Tengah.

Baca juga: Vseries Pati Eksis Dengan Motor Jadul

Tak hanya warga lingkungan sekolah saja yang ikut serta dalam kegiatan ini, melainkan juga dihadiri para santri dari pesantren-pesantren dan masyarakat sekitar Desa Kajen, Margoyoso.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup sehat. Khususnya menjelang bulan Ramadhan ini kita perlu mempersiapkan diri dengan persiapan fisik yang baik”, ungkap Ketua Yayasan Al-Zahra Hajain, K.H. Hamdani, MH .

SMK Cordova
M. Niam Sutaman for wartapati. PMR dan panitia saat melayani masyarakat

Untuk wilayah Pati utara dipilih di SMK Cordova karena lokasinya strategis mudah dijangkau oleh para santri dan masyarakat.

“Kegiatan serupa adalah bagian dari kegiatan sosial Djarum Foundation yang dialokasikan ke pesantren. Ini kegiatan pelayanan kesehatan, bukan pengobatan saja, sehingga yang datang diharapkan tidak hanya yang sakit tapi yang sehat pun bisa ikut berpartisipasi, sesuai Gerakan Mayarakat yang saat ini digiatkan oleh Pemerintah yaitu Kampanye berperilaku sehat, periksa kesehatan, olahraga dan konsumsi sayur dan buah”, ungkap Sutanto dari Djarum Foundation.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis ini berjalan dengan lancar, dihadiri ratusan santriwan-santriwati yang tidak kurang dari 50 pesantren. Selain itu masyarakat juga banyak yang ikut serta dalam kegiatan ini, apalagi dengan adanya fasilitas antar jemput dari panitia.

SMK Cordova
M. Niam Sutaman for wartapati. Pembukaan pelayanan kesehatan gratis di SMK Cordova

SMK Cordova merupakan sekolah kejuruan berbasis pondok pesantren, di bawah naungan Pesantren Mathaliul Huda al-Kautsar Kajen Margoyoso Pati yang diasuh oleh K.H. Ahmad Zacky Fuad Abdullah. Beliau adalah putra K.H. Abdullah Zein Salam Kajen. Pesantren ini juga mengelola Tahfidz, madrasah dan Pendidikan Diniyah Formal (PDF).

Baca juga: Yuk Ikuti Lomba Foto Patiku Indah, Total Hadiah Belasan Juta Rupiah

Pesantren yang diasuh oleh keponakan K.H. Sahal Mahfudh (Rais Am PBNU) tersebut menanamkan Dasa Jiwa Santri dalam pendidikannya‎, yaitu sepuluh nilai yang secara turun temurun diajarkan oleh para ulama di ‎pesantren Kajen. Nilai-nilai tersebut adalah ‎Ikhlash, Sabar, Khirs (cinta ilmu), ‎Akhlaqul Karimah (sidiq, amanah,tabligh,fatonah)‎‏, ‏Tawadlu’ ‎‎(humbleness/kesederhanaan), Istiqomah (disiplin)‎‏, ‏Zuhd, ‎Mujahadah ‎‎(berjuang karena Allah), Uswah al-Hasanah (menjadi teladan yang baik)‎‏ ‏dan ‎Tabarruk (mencari barokah.

Sedangkan SMK Cordova sendiri berdiri pada tahun 2009. Saat ini mempunyai empat jurusan yaitu Multimedia, Farmasi, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dan Kimia Industri. Sebagai SMK berbasis Pesantren sekolah ini berslogan: Faith, Discipline and Competent. [M. Niam S.]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.