Home Teknologi Memanfaatkan Tumbuh Tumbuhan Sekitar Rumah Menjadi Nilai Plus Batik Pati Kidul Ini

Memanfaatkan Tumbuh Tumbuhan Sekitar Rumah Menjadi Nilai Plus Batik Pati Kidul Ini

berita pati batik
Istimewa/Wartapati. Produksi batik Purwokerto, Kayen Kabupaten Pati.

Wartapati.com Kayen – Pewarna alami menjadi salah satu ke khasan batik Pati satu ini. Seperti yang selama ini dilakukan warga Desa Purwokerto Kayen, yang memanfaatkan bahan pewarna alami dalam membuat batik. Pewarna alami menjadi satu hal istimewa batik Purwokerto kayen..

Kades Purwokerto Purtoyo mengatakan pengembangan batik belum begitu lama oleh warganya. Hanya saja batik bermotif kearifan lokal desa tersebut sudah mulai dikenal kalangan luas.

Baca Juga : Patut Di Contoh Langse Margorejo Dengan Inovasi Bio Gas Untuk Desa Mandiri Energi

“Batik khas Purwokerto ini baru mulai kami kembangkan sekitar Desember 2017 lalu. Hal ini upaya kami, pemerintah desa untuk memberdayakan ekonomi masyarakat,” ujar Purtoyo baru-baru ini.

Pewarna alami yang digunakan berasal dari tumbuh-tumbuhan sekitar Desa Purwokerto. Motif yang dilukiskan pada lembaran batik khas itu adalah hasil pertanian setempat, seperti jagung, padi, alpukat dan lainnya.

Meski melimpah dalam hal sumber daya alam, lanjut kades, pihaknya masih kekurangan sumber daya manusia atau tenaga yang memproduksi batik. Sehingga, ketika ada pesanan cukup banyak, terkadang harus kewalahan.

Baca Juga : Kreatif SMP PGRI 6 Kayen Kreasi Mandiri Buat Bio Aktif Untuk Cukupi Operasional Sekolah

“Sebenarnya awalnya warga yang terlibat dalam produksi batik ini lumayan banyak. Namun memang ada beberapa yang kemudian kurang aktif. Mungkin kurang sabar untuk berlatih,” ungkapnya.

Namun begitu, dirinya optimis, jika batik khas Purwokerto nantinya akan terus berkembang. Sebab, batik yang diproduksi oleh warga desa setempat itu memiliki keunggulan dibanding batik lainnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.