Home Info Pati Masyarakat Bisa Belajar Pemilu di Gardu Pintar Pemilu

Masyarakat Bisa Belajar Pemilu di Gardu Pintar Pemilu

42
0
SHARE
Gardu Pintar Pemilu
Gardu Pintar Pemilu

Wartapati.com Pati – Memasuki tahun depan, yang mana merupakan tahun Pemilu karena berdekatan dengan Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), KPU Pati menyediakan Gardu Pintar Pemilu bagi masyarakat Pati yang ingin lebih mengenal seputar Pemilu.

Kendati baru diresmikan beberapa bulan lalu, Gardu Pintar Pemilu KPU Pati tergolong cukup lengkap sebagai sarana belajar elemen masyarakat. Mulai dari kelengkapan Pemilu seperti kotak suara, alat coblos, buku, peraga kampanye hingga maskot yang selalu diarak saat sosialisasi tertata rapi. Sedangkan data Pemilu yang dihimpun KPU Pati sejak tahun 1955.

Baca Juga : Satpol PP Pati Arahkan PKL Masuk Gang Sekitar Sekolah

Ketua KPU Pati, M. Nasich menuturkan, rumah pintar pemilu yang dinamainya gardu pintar pemilu ini bukan satu-satunya fasilitas di sebuah kota, melainkan setiap kota/kabupaten sudah menyiapkan saran mudah belajar tentang Pemilu.

“Masysarakat Pati untuk mengguankan waktunya untuk belajar. Kita namakan dengan Gardu Pintar agar masyarakat belajar banyak, karena disini sebagai tempat untuk mengetahui penyelenggaraan pemilu, baik pemilihan umum dan kepala daerah,” katanya, Jumat, (6/10).

Fungsi lain dari Gardu Pintar ini sebagai sarana sosialisasi berdemokrasi. Masyarakat bisa lebih mengenal proses pemilu dari sosialisasi, pemungutan suara hingga penghitungan hasil perolehan suara.

Gardu Pintar juga dilengkapi dengan Ruang Rapat dan runag Audio Visual yang memutar film mekanisme pelaksanaan pemilu.

“Kami buka pukul 8.00  sampai 16.00. Agar masyarakat bisa belajar. Tempat kami buat sedemikian rupa agara masyarakat bisa belajar nyaman, ada tempat audio, tempat pertemuannya dan ada maket terkait dengan miniatur pemungutan suara juga ada,” tutur Ketua KPU Pati.

Ketua KPU Pati, M. Nasich berharap kedepannya peranan KPU Daerah salah satunya melalui Gardu Pintar Pemilu tersebut menjadi rujukan semua pihak terkait pelaksanaan Pemilu.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here