Home Info Pati Budaya Mainkan Tembang Lir-ilir Dalam HUT ke 40 FKPPI Kabupaten Pati

Mainkan Tembang Lir-ilir Dalam HUT ke 40 FKPPI Kabupaten Pati

Mainkan Tembang Lir-ilir Dalam HUT ke 40 FKPPI Kabupaten Pati

Wartapati.com Pati – Tembang Ilir-ilir yang dimainkan dengan alat musik khas Jawa Barat, angklung ternyata memberikan warna tersendiri. Perpaduan tembang asal Jawa Tengah dan alat musik asli Jawa Barat itu melebur menjadi satu saat HUT ke 40 FKPPI Kabupaten Pati pada Minggu (30/9/2018).

Selain tembang yang wajib itu, 19 grup tongtek kalung memainkan lagu pilihan bebas lain. Selain nguri-uri budaya kesenian musik tradisional. Hal itu dikatakan ketua FKPPI Pati, Endah Sri Wahyuningati.

“Terutama saat ini yang mana suhu politik sedikit memanas dalam demokrasi di Indonesia, ada pileg dan pilpres pada 2019 nanti. Terkadang memicu perbedaan pendapat yang dapat mengurangi konduktivitas. Dengan adanya klub-klub ini, ternyata kami amati mereka menjadi media dimana ada berbagai permasalahan dapat diselesaikan dengan cara baik. Mereka berkumpul bermain musik bareng yang akhirnya masalah-masalah yang pelik, dengan adanya media ini mereka bisa berkomunikasi dan diselesaikan dengan baik,” katanya.

Kreativitas dari warga pecinta seni daerah yang menjadi satu dalam festival kali ini diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat.

Sentara itu, Ketua Panitia Festival Tongtek Angklung Harjo Sugihajo mengungkapkan, 19 kelompok yang menampilkan ciri khas masing-masing berasal dari 50 kelompok seni daerah yang mengikuti seleksi dari panitia.

awalnya ada 50 kelompok lebih yang hendak mengikuti. Namun, melalui penilaian awal panitia hanya menyeleksi 19 kelompok diantaranya yang berlanjut beradu kreativitas.

“Kriteria penilaian jelas, mulai dari kekompakan, musikalitas, penampilan dan pakaian yang dikenakan. Kalau lagu wajib lagu Jawa Lir-Ilir yang tidak begitu susah,” kata Ketua Panitia Festival Tongtek Angklung HUT ke 40 FKPPI Kabupaten Pati.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.