Home Teknologi LSP Sediakan 6 Mobil Guna Menguji 300 Siswa SMK Di Pati

LSP Sediakan 6 Mobil Guna Menguji 300 Siswa SMK Di Pati

SMK Di Pati
Istimewa/Wartapati. Siswa tengah menjalani uji kompetensi dengan mengaplikasikan materi ke mobil sebagai sarana tes.

Wartapati.com Margorejo – Untuk bekerja di perusahaan tingkat ASEAN, dibutuhkan keterampilan yang cukup memadahi. Terutama bagi pekerja industri otomotif roda empat. Seperti yang dilakukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK N 2 Pati yang menguji 300 siswa SMK di Pati. Uji kompetensi itu berpusat di Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kecamatan Margorejo.

Uji kompetensi selama lima hari yang dimulai sejak 21 sampai 25 April diikuti peserta baik dari SMK N 2 Pati maupun dari siswa SMK Lain.

Baca juga: Masipa Pati Sajikan Hiburan Alternatif Sebulan Sekali

Pihak LSP menyediakan tiga mobil dengan sistem injeksi dan tiga mobil lain dengan sistem karburasi atau konvensional. Ketua LSP SMK N 2 Pati, Ngarpani menuturkan, bagi calon tenaga kerja yang menguasai uji kompetensi standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), nantinya bisa bekerja di perusahaan Asia Tenggara (ASEAN).

“Nantinya bisa diterima disemua negara Asia Tenggara. Sebab standarnya sudah sama,” kata Ngarpani.

Terkait penyeleggaraan uji komptensi itu, Ngarpani menjelaskan jika pihak sekolahnya sudah mengantongi lisensi. Oleh karenanya bisa menyelengarakan secara pribadi. Selain itu pelaksanaannya berkaitan dengan instruksi Presiden nomor 9/2016 tentang percepatan sertifikasi calon tenaga kerja.

Baca juga: Bara Obat Nyamuk Bakar Ludes Rumah Warga Kecamatan Kayen

Uji kompetensi ini sengaja dilakukan untuk memersiapkan calon tenaga kerja guna menyambut era global tenaga kerja sekaligus menyonsong masyarakat pasar bebas ekonomi Asean (MEA).

Dari pengamatan Ngarpani, sekitar 65 persen dari siswa yang mengikuti uji kompetensi tergolong menguasai materi. Namun belum bisa diketahui seketika itu pasalanya masih ada analisa berkelanjutan. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.