Home Info Pati Lomba Safety Riding Disabilitas Bersama Satlantas Polres Pati

Lomba Safety Riding Disabilitas Bersama Satlantas Polres Pati

Nug/Wartapati. Peserta safety riding disabilitas bersama Satlantas Polres Pati.

Wartapati.com Pati – Penyadang disabilitas memiliki hak yang sama dalam menggunakan fasilitas umum, seperti jalan raya saat melaju menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi. Maka unsur keselamatan menjadi perhatian utama dari Satlantas Polres Pati, sehingga pihaknya berinisiatif menggelar lomba Safety Riding bagi penyandang disabilitas, Kamis pagi (20/9/2018).

Dengan memanfaatkan halaman depan Stadion Joyo Kusumo, disabilitas Pati memeragakan ulang materi saat ujian SIM D. Menggunakan sepeda motor yang sudah dimodifikasi, mereka dengan lincah melalui pembatas jalan sesuai instruksi dari panitia lomba.

Kapolres AKBP Uri Nartanti melalui Kasat Lantas AKP Ikrar Potawari menuturkan, keterlibatan mereka adalah bentuk kepedulian dari satuannya. Terlebih lomba itu bertepatan dengan HUT Satuan Polisi Lalu Lintas.

“Ini mengadakan safety riding sepertinya ini baru pertama di Jateng apalagi di Pati. Dalam rangka HUT lalu lintas ke 63 yang jatuh pada 22 September. Ini rangkaiannya. Jadi kita tidak terfokus pada orang yang normal namun kita perhatikan penyandang disabilitas peduli dalam hal keselamatan,” katanya.

Materi lomba yang diperagakan penyandang disabilitas ini bisa diaplikasikan saat berkendara di fasilitas umum sehari-hari. Jangan sampai mereka merasa terisolir dengan pengendara normal lainnya.

“Jangan sampai mereka merasa terisolir. Sehingga mereka punya peranan yang sama dalam hal keselamatan karena mereka lain dari yang lain. Sehingga kendaraannya pun lain dari yang lain,” terang AKP Ikrar Potawari.

Harsianto bersama 15 peserta lainnya menuturkan adanya lomba safety riding bisa menambah semangat penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Pati.

“Mengenalkan penyandang disabilitas dengan umum. Lebih mengenal lagi dengan lalu lintas dengan adanya seperti ini,” terang warga Desa Pelukaran Kecamatan Gembong.

Selain lomba berkendara dengan selamat, HUT Satlantas Polres Pati juga mengadakan lomba lari 100 meter bagi difabel.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.