Home Berita Nasional Linmas Eks-karesidenan Pati Semarang Gladi Apel Siaga Pengamanan Pilpres

Linmas Eks-karesidenan Pati Semarang Gladi Apel Siaga Pengamanan Pilpres

Wartapati.com Pati – Sastuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Eks-karesidenan Pati dan Semarang gladi apel siaga pengamanan Pemilu 2019 yang berpusat di Alun-alun simpang lima Pati, Selasa sore (26/3/2019). Rencanaya Satlinmas dari 11 kota/kabupaten gelar apel pada Rabu pagi, 27 Maret 2019 dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kepala Satpol PP Jawa Tengah Budiyanto mengatakan, Linmas memiliki tanggung jawab pengamanan pemilu. Terlebih linmas mengetahui posisi keadaan yang terjadi di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Jadi kita punya tanggung jawab (pengamanan) Pilpres dan Pileg seJateng. Nah semua komponen kami libatkan, hanya secara fungsional resmi Satlinmas. Jadi nanti di setiap TPS ada dua Satlinmas,” paparnya.
Budiyanto melanjutkan meski merupakan bagian dari unsur pengamanan, Linmas diharap berkoordinasi dengan unsur pengamanan lain seperti kepolisian, TNI, Saksi dari setiap Parpol dan Bawaslu ketika bertugas.
“Bahkan teman Bawaslu juga, teman dari saksi parpol juga mengawasi. Jadi Satlinmas tidak sendiri. Tapi bersama komponen yang lain untuk bersama mengamankan pileg dan pilpres,” imbuhnya.
Usai apel siaga yang digelar, nantinya Satlinmas mendapat pembekalan khusus yang bersifat teknis dari Satpol PP masing-masing kota/kabupaten.
“Agar greget itu muncul dan pengarahan dari pimpinan daerah melalui apel ini. Ini hanya menandai saja, nanti secara berkelanjutan teman dari satpol PP kota nanti akan langsung menangani mereka mengkoordinir, memonitor dan menempatkan pada posisi,” tegasnya.
Dari data yang dihimpun, terdapat 127.902 Satlinmas yang bertugas di 63.951 TPS se-Jawa Tengah. Sehingga setiap TPS nantinya ada dua Linmas yang berjaga. Sedangkan 94.836 Linmas bertugas di luar TPS pada hari H pemungutan suara.Nug

Lihat Juga Keindahan Gua pancur.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.