Home Info Pati Lapas Pati Over Kapasitas Napi Lebih Dari Tiga Kali Lipat

Lapas Pati Over Kapasitas Napi Lebih Dari Tiga Kali Lipat

berita pati

Wartapati.com Pati – Lembaga Permasyarakatan (Lapas ) kelas IIB Pati sudah over (lebih) kapasitas narapidana (napi), yakni tiga kali lipat dari kapasitas yang tersedia. Penghujung tahun ini, lapas yang terletak di Desa Ngarus Kecamatan kota menampung 359 napi dimana seharusnya hanya mampu menampung 114 napi saja.

Data tersebut tercatat tanggal 3 Desember 2018. Meski over kapasitas, pihak lapas tetap menerima napi yang dipindahkan ke ruang tahanan di bumi mina tani.

Kepala lapas melalui Kasubsi Registrasi dan Binkemas Krismiyanto mengatakan keadaan ini sudah lama terjadi. Kapasitas yang terbatas itu mengingat bangunan lapas kelas IIB adalah peninggalan Belanda.

Baca jugaEnam Kapolsek Dan Dua Kasat Dijajaran Polres Pati Terjadi Pergatian

“Sebenarnya bagi kami tempatnya overload. Tapi kewajiban kami menerima dari rutan setempat. Dan titipan dari kepolisian kita tidak bisa menolak,” katanya.

Krismiyanto melanjutkan, sesuai prosedur jika menambah kapasitas ruang, maka harus dibarengi dengan penambahan luas lahan. Padahal lokasi lapas sudah berhimpitan dengan pemukiman sekitar dan tidak ada lahan tambahan.

Kasubsi Registrasi dan Binkemas Lapas kelas IIB Pati mengaku ruangan yang dihuni napi untuk istirahat tidak sesuai kapasitas. Untuk ruangan kecil seharusnya untuk dua dan yang besar untuk tujuh napi.

“Jadi kalau penambahan ruang saat ini kita belum, namun sudah mengupayakan untuk tempat kegiatan kerja yang ada di dalam. Kita renovasi menjadi ruang hunian yang sekarang belum selesai. Tapi misal merasa penuh kita pindahkan ke Semarang,” pungkasnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.