Home Info Pati Budaya Kuatkan Pendidikan Karakter Siswa, Seniman Pati Bakal Mengajar Di Sekolah-Sekolah

Kuatkan Pendidikan Karakter Siswa, Seniman Pati Bakal Mengajar Di Sekolah-Sekolah

Haul Ki Ageng Talun, Seniman Pati
Redaksi/wartapati. Seniman Pati saat bermain ketoprak

Wartapati.com Pati – Tahun 2018 menjadi tahun ‘gemblengan’ bagi pelajar di Pati, terutama pendidikan karakter. Pasalnya seniman Pati (lokal) bakal memasuki sekolah yang dijadwalkan untuk mengajar kesenian secara langsung kepada siswa.

Langkah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) itu sekaligus mengangkat kesenian lokal Bumi Mina Tani. Sebelumnya langkah serupa pernah dilakukan pada tahun 2017 dan baru enam sekolah yang menerapkan.

Baca juga: Dua Wisata Alam Pati Ini Tengah Digodog

Kepala Dinas P dan K, melalui Kabid Kebudayaan, Paryanto, membenarkan jika tahun ini terjadi peningkatan jumlah sekolah yang disasar seniman lokal berkat bantuan dana dari pusat.

”Hal tersebut dilakukan karena peran dari guru kesenian di sekolah dinilai masih kurang. Jadi untuk benar-benar mengangkat kesenian, kami langsung datangkan seniman yang berkecimpung langsung untuk mengajar,” papar Paryanto baru-baru ini.

Dalam waktu dekat ini, Dinas P dan K Pati melakukan pendataan daftar seniman. Setidaknya membutuhkan waktu satu minggu untuk pendataan sekaligus materi yang bakal dimasukan sebagai pelajaran sekolah.

Beberapa jenis kesenian yang sudah direncanakan seperti ketoprak, tayub, seni pedalangan, karawitan, dan juga wayang topeng soneyan. Dalam gerakan seniman masuk sekolah ini, tak hanya kegiatan pembelajaran saja. Namun, anak-anak dipersiapkan untuk pentas.

Baca juga: Baru Dua Minggu Buka, Ribuan Tiket Berhasil Dijual Bioskop Pragola

Gerakan ini seperti rencana bakal dilakukan mulai bulan ini hingga November. Di bulan November anak-anak yang telah digembleng latihan bakal mementaskan apa yang telah dipelajarinya bersama para seniman. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.