Home Berita Nasional Deputi pencegahan KPK Pusat Ke Pati Guna Mendampingi Anggota DPRD Pati Melapor...

Deputi pencegahan KPK Pusat Ke Pati Guna Mendampingi Anggota DPRD Pati Melapor LHKPN

SHARE
anggota DPRD Pati
Istimewa/Wartapati. Deputi pencegahan KPK, Wuri Nurhayati di Gedung DPRD Pati, Rabu (20/12).

Wartapati.com Pati – Perwakilan Debuti pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi KPK turun ke Pati guna mendampingi anggota DPRD Pati melapor kekayaan harta penyelenggara secara online.

Pelaporan secara online memiliki nilai tambah, yakni pelapor atau anggota DPRD Pati bisa memantau proses pengajuan dengan mandiri, seperti yang saat ini dilakukan.

Deputi pencegahan KPK Pusat, Wuri Nurhayati menjelaskan, proses ini berbeda dengan sebelum diterbitkannya peraturan KPK Nomor 07 tahun 2016 tentang tata cara dan pelaporan LHKPN, sistemnya masuk manual mengunakan formulir.

“Dengan adanya peraturan tersebut setiap pejabat negara wajib melaporkan harta yang dimilikinya secara periodik atau pertahun secara online,”terangnya usai memberikan pengarahan pengisian LHKPN secara online di Gedung DPRD Pati, Rabu (20/12).

KPK menargetkan di tahun 2017 ini mampu menembus jumlah 80 persen pelaporan harta kekayaan pejabat penyelenggara negara.

Penyampaian LHKPN wajib dilaporkan hingga Maret 2018 nanti. Untuk pejabat yang tidak melaporkan LHKPN, akan di kenakan sanksi administratif sesuai dengan wilayah daerah masing-masing.

“KPK tidak bisa memberikan sanksi apapun terkait yang tidak melaporkan hartanya. Karena sanksi melekat pada masing-masing instansi,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata dia, sementara ini sanksi yang di terapkan hanya sebatas sanksi administratif. Belum ada sanksi lainnya yang membuat mereka displin dalam melaporkan harta kekayaannya.

“Di masing-masing daerah, provinsi dan Pusat akan di bentuk unit pengelola LHKPN atau UPL yang bertugas untuk mewakili KPK dalam melakukan pendampingan. Tidak boleh ikut melakukan pengisiaan pelaporan LHKPN,”katanya.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.