Home Info Pati Komunitas komunitas kreatif wanita Pati Pelajari Seni ukir buah

komunitas kreatif wanita Pati Pelajari Seni ukir buah

Wartapati.com Pati – Buah dan sayuran lokal tak kalah menarik jika diolah dengan benar dan menambah estetika sebagai hiasan makanan. melalui fruit carving Seni ukir buah dan sayuran ini menyulap dari bentuk asal menjadi bentuk bunga, yang diikuti 40-an peserta ibu-ibu rumah tangga.


Alat yang digunakan sangat sederhana yakni satu buah pisau yang dibuat agak melengkung di bagian tajam. Melalui instruktur fruit carver dari Jogjakarta, peserta antusias memulai langkah awal mengukir buah dan sayur, Senin (5/11/2018) di aula Arpusda Pati.

Baca Juga : Ini Mekanisme Untuk Mendapatkan Satu Kursi Dewan Legislatif Pileg 2019


Satu panitia fatmi Nurjanah mengatakan penyelenggaran ini dari komunitas  Gagego Organik (3GO), komunitas kreatif wanita Pati menggandeng karang taruna kecamatan kota. Tak hanya mengukir, peserta mendapat pembekalan merangkai hasil ukirannya menjadi harmonisasi susunan hias makanan.

“Nilai jual menyesuaikan nantinya. Yang dipakai ini menyesuaikan bentuknya dulu dari buah dan sayur apa dan akan dibuat menjadi apa,” katanya.

Lihat Juga Vidio “BUDIDAYA TEKNIK AQUAPONIK Bisnis Yang Mengiurkan”


Ketua komunitas 3GO Pati Eny Prasetyowati mengatakan penambahan sajian lengkap dengan hasil fruit carving ini menambah estetika pangan. Terlebih bahan yang dimanfaatkan merupakan hasil dari lokal, sehingga menambah kesan alami dari pangan-pangan lokal.

“Ini kekayaan dari olahan pangan kita supaya kita menampilkan olahan pangan menarik. Sehingga menggugah warga lokal bahwa sayuran  dan buah lokal bisa lebih indah,” katanya.

Fruit carver asal Jogja Anis Puji Astuti menjelaskan pemanfaatan fruit carver nantinya bisa menggeser penggunaan bunga alami maupun sintetis dalam penyajian pangan.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dari ibu-ibu ini menularkan ke kelompok arisan, PKK yang nantinya dimanfaatkan untuk menambah tampilan pangan,” kata Anis.

Satu peserta yang mengikuti pelatihan ukir buah dan sayur Rukiyah mengaku sangat senang pasalnya mendapat ilmu yang tergolong kreatif dan sangat terjangkau.

“ini gampang-gampang sulit kan masih belajar. Menariknya ini unik dan bagus,” kata satu peserta.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.