Home Info Pati Budaya Kirap Luwur Nyi Ageng Ngerang

Kirap Luwur Nyi Ageng Ngerang

Nyi Ageng Ngerang
abihaq/wartapati. bupati haryato dalam acara houl nyi ageng ngerang 21/09

Wartapati.com Tambakromo Dalam gelar upacara adat kirap luwur 21/09, dalam Rangka Haul Nyi Ageng Ngerang merupakan upacara sacral yang diadakan setiap tahunnya di komplek persarean Nyi Ageng Ngerang di dukuh ngerang Kec tambakromo.

Kirab Luwur ini di hadiri perwakilan dari keraton Surakarta, Bupati Pati dan tokoh masyarakat sekitar, acara kirap di mulai dengan pembukaan dari pihak perwakilan kraton di lanjutkan dengan berjalan kaki dengan kirap dari balai Desa Tambakromo menuju makam Nyi Ageng Ngerang yang berjarak 2 km.

Baca Juga : Gotong Royong Wujudkan Jambanisasi Sumberagung Jakenan

Dalam Kirab Masyarakat sekitar turut andil bagian dalam kirap luwur dengan membawa aneka hasil bumi yang ikut arah menuju makam nyi Agen Ngerang, sebagai wujut syukur atas rahmat dari tuhan selama setahun.

tidak kalah meriah iring iringan marcing band dari beberapa sekolahan dan instansi yang ada di kecamatan Tambakromo yang ikut meramaikan meriahnya acara kirap luwur.

Bupati Pati haryanto dalam sela sela acara mengapresiasi kirap luwur, dan mendukung agar kegiatan ini menjadi kegiatan budaya yang positip dan mempersatukan masyarakat.

ini kegiatan baik tujuanya baik, bisa menyatukan budaya tradisi masyarakat yang ada agar menjadi guyuprukun, ungkap Bupati Pati Haryanto

Setelah acara Kirab Luwur masih ada beberapa Agenda diantara Tahtimul Binadhor, Tahlil Buka Luwur, Lelang Buka Luwur yang akan dilaksanakan besok Jumat , 22 September 2017 , ungkap Bpk Sukardi Ketua Pengurus Makam Nyi Ageng Ngerang.Abihaq/danpt

Comments

comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.