Home Wisata Kerap Banjir, Desa ini Inisiatif Buat Wisata Air

Kerap Banjir, Desa ini Inisiatif Buat Wisata Air

berita pati hari ini
Istimewa/Wartapati. Sejumlah pengunjung menggunakan perahu saat meninjau luasan sawah Desa Pasuruan Kecamatan Kayen yang terendam banjir.

Wartapati.com Kayen – Kerap mengalami musibah banjir dari awal hingga akhir musim hujan, membuat pemerintah Desa Pasuruan Kecamatan Kayen memutar otak mencari solusi yang tepat. Salah satunya menjadikan wisata air saat area sawah tergenang, di samping warga harus berhenti menjadi petani dan memilih mencari ikan untuk sementara waktu.


Hal itu diutarakan Kades Pasuruan Warsito saat ditemui wartapati.com ketika meninjau luasan sawah desa setempat yang terendam air akibat sedimentasi Sungai Juwana.


“Kita manfaatkan lagi untuk wisata air. Saya ngobrol sama teman yang ahli pakai kano olahraga air,” katanya, Rabu (12/12/2018).


Baca Juga : banjir-4-minggu-petani-pasuruan-kayen-tetap-panen-padi

Lanjut kades, rekannya sangat tertarik untuk memanfaatkan banjir yang merendam mayoritas lahan petani padi Desa Pasuruan. Rencananya bakal ada kano, kayak dan perahu karet sebagai alat wisata berkeliling sawah.


“Kayak, kano terus perahu karet diterjunkan kesini untuk hiburan, selain itu ada perahu yang keliling. Pemuda juga saya ajak ngobrol dan tertarik. Misal satu orang bayar 3-5 ribu kan menambah penghasilan warga, apalagi kalau yang berwisata banyak,” ungkap Warsito.


Secara garis besar, luas lahan sawah yang terletak di Desa Pasuruan merupakan salah satu titik sedimentasi dari pertemuan arus air Sungai Juwana dan saluran air dari Kabupaten Kudus.

Baca Juga : kejari-pati-sasar-empat-instansi-pelayanan-publik


“Sebetulnya dari pemerintah desa sudah mengusulkan. Titik-titik yang signifikan sebetulnya malah tidak dikeruk, pertemuan sungai dari selatan dan Kudus pertigaan membuat sedimentasi cepat dan menjadi dangkal,” papar Kades Pasuruan.


Hingga kini sudah 250 dari 300 hektar sawah yang terendam meski baru memasuki awal musim hujan.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.