Home Info Pati Musim Hujan, Hama Keong Serang Sawah di Pucakwangi Pati

Musim Hujan, Hama Keong Serang Sawah di Pucakwangi Pati

69
0
SHARE
Pucakwangi pati
Istimewa/Wartapati. Usia tanaman padi baru beberapa Minggu di Pucakwangi pati

Wartapati.com Pucakwangi Pati – Pascapanen dan memasuki musim tanam, keberadaan hama keong semakin meningkat di pertanian Kecamatan Pucakwangi Pati. Petani setempat mengeluhkan keberadaan hama keong dimana populasinya semakin meningkat bersamaan dengan musim hujan akhir-akhir ini.

Petani asal Desa Sitimulyo, Pucakwangi Pati, Joko mengaku kerepotan adanya hama hewan yang mengganggu tanaman berusia mingguan.

“Ini sudah selesai panen. Petani sudah tanam lagi tapi adanya hama besusul (keong) memakan tanaman yang baru,” terang petani yang memiliki 10 petak sawah, Selasa (9/1/18).

Joko mengaku pasrah membiarkan hama tersebut menggerogoti tanaman karena tidak ada jenis pestisida yang mengurangi populasi keong.

Baca Juga :

“Biarkan saja, nanti hilang sendiri. Karena tidak bisa dibasmi menggunakan obat pertanian (pestisida),” imbuhnya.

Ditambah dengan hujan deras yang memengaruhi kondisi tanaman terancam hilang karena banjir dimana letak sawah berada di lereng pegunungan.

“Inginnya musim panen selanjutnya hasilnya lumayan, dan tidak ,erugi. Biasanya musim panen harga gabah dan beras anjlog dari pasaran,” harap Petani Pucakwangi Pati, Joko.[Nug]

Comments

comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here