Home Berita Nasional Harga Kebutuhan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru

Harga Kebutuhan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru

Jelang Natal dan Tahun Baru
Nug/Wartapati. Transaksi jual beli di lokasi darurat Pasar Rogowangsan karena pasar sedang menjalani rehab.

Wartapati.com Pati – Jelang natal dan tahun baru, sejumlah harga bahan baku bumbu dapur melonjak. Tak hanya itu, kenaikan harga juga diikuti sejumlah kebutuhan pokok, seperti beras dan telur ayam di pasar tradisional Winong dan Rogowangsan.

Jelang Natal dan Tahun Baru Penjual bahan baku bumbu di Pasar Winong, Lamini mengatakan, kenaikan harga sudah terjadi 2 minggu terakhir, namun yang terjadi lonjakan paling tinggi terdapat pada lombok setan, dengan kenaikan hampir 50 persen.

“Dua minggu ini, yang masih tinggi lombok setan dari 17 ribu menjadi 30 ribu perkilogram,” katanya, Senin (18/12).

Menurut penjual bumbu dapur di Pasar Rogowangsan, Biah (40), mengatakan, ketikan yang paling signifikan terjadi pada harga cabai setan, dimana semula dari harga 23 ribu perkilogram, kini menjadi 32 ribu perkilogram.

Lombok setan dari 23 ribu menjadi 32 ribu perkilogram. Beras 10 ribu jadi 10.500 perkilogram. Bawang putih 18 ribu naik 20 ribu perkilogram. Bawang putih biasa 13 ribu perkilogram, kini menjadi 16 ribu perkilogram. Telur ayam dari 23 ribu ke 24 ribu perkilogram” papar pedagang yang sudah berjualan 25 tahun di pasar tradisional.

Biah pun menganggap kenaikan ini disebabkan mendekati hari raya natal dan tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya yang juga mengalami kenaikan harga bahan bumbu dapur.

“Pengunjung (pembeli) tidak menurun. Mungkin karena ini kebutuhan ya mas, kalau naik namun daya beli masyarakat masih mampu, masih ada yang beli,” paparnya.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dinas yang menaungi harga kebutuhan di pasar tradisional pun belum melakukan sidak adanya lonjakan harga.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.