Home Politik Karton Kotak Suara Belum Terpenuhi, Pengiriman Logistik ke KPU Pati Bertahap

Karton Kotak Suara Belum Terpenuhi, Pengiriman Logistik ke KPU Pati Bertahap

berita pati jpu pati kotak suara
Nug/Wartapati. Petugas menata logistik di gudang KPU Pati.

Wartapati.com Pati – KPU Pati belum genap menerima seluruh logistik yang dipergunakan dalam Pemilu 2019 mendatang. Pihaknya baru menerima dua jenis logistik berupa bilik suara dan kotak surat suara yang keduanya berbahan karton dobelwall.

Komisioner KPU Supriyanto mengatakan pengiriman logistik ke gudang KPU Pati sejak 8 November 2018. Untuk bilik suara dari karton dobelwal itu sudah terpenuhi, yakni 8.549 buah. Jumlah itu nanti ditambah dengan bilik suara lama berbahan alumunium yang saat ini tersimpan di gudang sebanyak 8.000 sekian.

Sedangkan logistik kotak surat suara masih belum tercukupi dan kini menunggu pengiriman berikutnya.


Baca Juga  : KPU Jateng Adakan Penelitian Pasangan Tunggal Pilgub Pati 2017


“Yang kita terima 16.426 buah kotak suara. Dari kebutuhan kotak 22.076 kotak suara. Jadi ada 5 kotak suara per TPS, dan TPS yang ada di Kabupaten Pati sebanyak 4369 tempat. Jadi ada kekurangan 5.650 buah. kita tunggu pengiriman, karena pengadaan kotak dan bilik ada di 2018,” kata Supriyanto, Rabu (21/1/2018).

Dua logistik yang kini berubah menjadi bahan dasar kardus diatur dalam Peraturan KPU nomor 15/2018 tentang norma standar dan Keputusan KPU RI nomor 999 terkait spesifikasi dan teknis. Komisioner KPU memastikan jauh hari sebelum 17 April 2019 semua logistic sudah terpenuhi.

“Dipastikan Pemilu 17 April itu kotak surat suara dan bilik suara sudah siap jauh-jauh hari,” pungkas Supriyanto.

Sementara itu Komisioner Bawaslu yang turut mengawasi jumlah logistic Suyatno menambahkan pihaknya mengawasi jenis dan jumlah logistic yang dibutuhkan. Tak hanya itu, Bawaslu Pati juga memastikan dalam hal pendistribusian ke TPS sesuai dengan spesifikasi dan kualitas.

“Ketepatan pengiriman logistik ini dan sampai ketujuan itu dari sisi jumlah, spesifikasi dan kualitas itu tepat semua. Tidak ada kerusakan yang nantinya mengganggu pelaksanaan pemungutan suara,” pungkas Suyatno.Nug 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.