Home Berita Nasional Jaga Pati Tetap Kondusif, Polres Gelar FGD Antisipasi Radikalisme

Jaga Pati Tetap Kondusif, Polres Gelar FGD Antisipasi Radikalisme

SHARE

Wartapati.com Pati – Maraknya pemberitaan isu teror bom di kota-kota besar membuat Kepolisian Resort (Polres) Pati mengantisipasi bersama elemen masyarakat. Melalui Focus Group Disscusion (FGD) yang berfokus pada paham intoleransi, terorisme dan radikalisme, pihak polres menggandeng ormas dan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman guna antisipasi.

Kapolres Pati, AKBP. Uri Nartanti mengatakan agenda FGD tersebut sebenarnya sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Namun baru terlaksana bersamaan dengan isu teror yang berkembang belakangan ini.

“Sebenarnya jauh-jauh hari sebelum ada kejadian kemarin, kita sudah rencanakan. Intinya kita ini mengajak masyarakat menumbuhkan kesadaran untuk sama-sama menjaga. Intinya Kamtibmas kita tidak memberikan ruang pada paham-paham yang bertentangan dengan pancasila,” katanya.

Kapolres menambahkan, isu tersebut lebih sensitif ketika mendekati momen Pilgub seperti saat ini. Sehingga semua komponen masyarakat memiliki kesepahaman untuk memerangi paham-paham yang bertolak dengan Pancasila melalui tokoh agama dan mahasiswa.

Selain memperketat penjagaan dari internal Polres Pati ke tempat-tempat yang ditentukan, AKBP Uri Nartanti mengimbau kepada masyarakat meningkatkan pengaman swakarsa dilingkungan masing-masing.

“Di lingkungan masing-masing, baik itu lingkungan kerja, rumah maupun lingkungan secara umum. Dimana dengan meningkatkan kepekaa,n kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” imbuhnya.

Kapolres mengatakan dari pantauannya, Kabupaten Pati tergolong masih kondusif. Kendati demikian masyarakat wajib waspada dan berkoodinasi dengan babinkamtibmas di tingkat desa.

Dalam FGD itu, panitia mendatangkan dua narasumber sebagai pemateri kepada peserta dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Ormas.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.