Home Politik Ini Sanksi Bagi Paslon Cagub Melakukan Kampanye Terselubung

Ini Sanksi Bagi Paslon Cagub Melakukan Kampanye Terselubung

Paslon Cagub
Nug/Warga. Penertiban APK di sekitar rumah sakit daerah Pati, Selasa siang (6/3/2018).

Wartapati.com PATI – Spanduk Paslon cagub (calon gubernur) dan cawagub (calon wakil gubernur) Jawa Tengah berukuran besar di Jalan Pati Tayu Km 1, sekitar rumah sakit daerah Pati ditertibkan Satpol PP bersama Panwaskab Kabupaten Pati, Selasa siang 6/3/2018.

Selain itu petugas juga mengamankan beberapa gambar alat peraga kampanye (APK) pusat kota di beberapa titik seperti pertigaan pasar yaik hingga pentol blaru dan Jalan lingkar turut kecamatan Margorejo.

Baca juga: Tak Semua Tuntutan Demonstrasi PMII Pati Disetujui

Panwaskab Divisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran, Ahmadi, menuturkan penertiban APK yang dimulai sejak 23 Februari melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4/2017.

“Yang mana boleh dipasang dengan baik sesuai ukurannya. Sesuai PKPU tersebut. Namun sampai hari ini desain maupun ukuran dari KPU belum turun,” kata Ahmadi.

Divisi penanganan dan penindakan panwaskab Pati mengatakan, tindakan tersebut tergolong kecurangan dalam berkampanye dalam bentuk mencuri start, meski pihaknya sudah menyosialisasikan dengan pihak berkepentingan meliputi timses, KPU dan OPD yang menangani.

“mereka memang mencuri star terkait dengan hal tersebut kami sudah lakukan koordinasi dengan timses cagub terkait perundang-undangan. Namun tidak diindahkan,” imbuhnya.

Baca juga: Tak Semua Tuntutan Demonstrasi PMII Pati Disetujui

Bentuk pelanggaran yang dikategorikan kampanye terselubung itu, imbuh Ahmadi, bisa dikenakan sanksi administrasi. Pihaknya akan terlebih dulu merekomendasi ke KPU menjelaskan Paslon mana yang melakukan kampanye terselubung

“Pasangan calon ini sudah mencuri start terkait dengan kampanye terselubung maupun kampanye yang tidak sesuai jadwal nanti kita rekomendasi tapi sangsinya terus terang bersifat administratif,” pungkasnya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.