Home Politik Ini Mekanisme Untuk Mendapatkan Satu Kursi Dewan Legislatif Pileg 2019

Ini Mekanisme Untuk Mendapatkan Satu Kursi Dewan Legislatif Pileg 2019

Ini Mekanisme Untuk Mendapatkan Satu Kursi Dewan Legislatif Pileg 2019
Nug/Wartapati. Firman Soebagyo didampingi moderator dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pati menunjukan contoh surat suara Pemilu 2019.

Wartapati.com Pati –Ini Mekanisme Untuk Mendapatkan Satu Kursi Dewan Legislatif Pileg 2019,Pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 tidak memakai metode bilangan pembagi pemilihan (BPP). Metode itu diganti dengan suara sah setiap parpol yang memenuhi ambang batas perolehan suara dibagi bilangan pembagi ganjil secara berurutan.

Sistem BPP yang sebelumnya digunakan untuk menentukan jumlah perolehan kursi legislatif oleh parpol peserta pemilu.

Baca Juga : Tidak Tepat Sasaran, Warga Minta Data BPNT Direvisi

Hal itu dikatakan anggota Komisi II DPR RI Firman Soebagyo usai sosialisasi UU nomor 7/2017  dengan Bawaslu kabupaten Pati, Rabu siang(/11/2018) di Safin Hotel.

“Sistem perolehan suara dibagi bilangan pembagi ganjil itu menguntungkan siapa yang memperoleh suara besar. Konsekuensi nya mendapat kursi lebih banyak,” katanya.

Anggota DPR asal Desa Kedalon Kecamatan Batangan menambahkan tidak serta merta partai besar diuntungkan jika  tidak mendapat suara signifikan, perolehan kursi pun tidak sesuai dengan harapan.

Baca Juga : Kendala Modal, Menjadi Jawaban Mangkraknya 23 Bank Sampah Unit

Firman Soebagyo menilai perolehan suara menggunakan bilangan pembagi pemilihan merugikan parpol yang memperoleh suara besar yang tidak bisa memenuhi perolehan kursi sesuai target. Pasalnya kursi habis dibagi dengan sistem BPP.

“Perolehan pemerataan satu-satu-satu kursi kepada peserta pemilu. Baru sisanya itu. Kalau tidak ada kursi ya hilang seperti saya, 78 ribu suara saya mubazir,” pungkasnya.Nug 

 

Lihat Juga Vidio Unik dan Khas, Masjid Di Pati Ini Gabungkan Arsitektur Eropa dan Jawa

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.