Home Politik Ini Lho, Mekanisme Pemilu Yang Baru

Ini Lho, Mekanisme Pemilu Yang Baru

SHARE
Wartapati.com Pati – Undang-undang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (UU PKPU) nomor 7/2017 tentang pemilihan umum serentak membuat beberapa mekanisme Pemilu terdat perubahan.
Ketua KPU Pati Moh Nasich mengatakan, ada beberapa perbedaan dalam pelaksanaan pemilu di tahun 2019 nanti. Diantara perbedaan konversi kursi yang didapatkan para peserta pemilu, jika dulu mengunakan kuota. Untuk sekarang dalam pemilu 2019 mengunakan bilangan pembagi tetap atau sampling.
“Bilangan tersebut nantinya akan dibagi mulai dari bilangan satu, tiga, lima dan seterusnya.untu yang kedua nantinya adanya perubahan daerah pemilihan, terutama untuk wilayah di Jawa Tengah. Karena jumlah kursi di Jawa Tengah ada penambahan 20 kursi,”ungkapnya usai sosialisasikan UU PKPU tersebut, Jumat (20/10).
Dia mengatakan, wilayah Jateng sebelumnya terdapat 10 pembagian wilayah pemilihan. Namun saat ini ada penambahan tiga wilayah dari pecahan daerah pemilihan. Sehingga untuk tahun 2019 ada 13 daerah pemilihan.
“Untuk Jateng tiga ini dipecah Pati dan Rembang menjadi daerah pemilihan sendiri menjadi jateng empat. Yang dulu bergabung dengan Pati yakni Grobogan dan Blora kini dibuatkan  daerah sendiri,”paparnya.
Sedangkan mekanisme presidensial masih tetap sama yakni masih mengunakan hitungan 20 persen kursi pemilu 2014 lalu. Dalam ketentuan terbaru ini kotak suara harus transparan, sehingga masyarakat mengetahui kertas suara yang dimasukan kedalam kotak.
“Namun, kita masih menunggu mekanisme kotak suara sisi mana yang harus transparan. Untuk saat ini kita masih mengunakan kotak suara yang ada. Tapi kita menunggu regulasi yang ada,”imbuhnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.