Home Info Pati Ini Jumlah Desa yang Dianggap Rawan Pelaksanaan Pilkades Serentak

Ini Jumlah Desa yang Dianggap Rawan Pelaksanaan Pilkades Serentak

berita pati hari ini
Istimewa/Wartapati. Pembekalan pelaksanaan Pilkades serentak kepada 149 calon kades di pendapa kabupaten.

Wartapati.com Pati – Kepolisian Resor Pati sudah memetakan desa mana saja yang dianggap aman, rawan dan rawan 1 dalam melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2018 ini. Dari 61 desa yang menggelar pemilihan kades, hanya 9 desa yang tercatat dalam kategori aman, selebihnya tergolong dalam desa rawan dan rawan 1.

Demikian paparan Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Ariyanto saat pembekalan pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar di pendopo kabupaten.

Lanjutnya, kategori aman adalah desa yang terdapat calon dimana merupakan pasangan suami istri atau masih ada hubungan saudara. Dan desa tersebut belum pernah terjadi konflik. Desa yang termasuk dalam kategori itu ada di Sembilan kecamatan.

“Dari 61 desa ini ada 9 desa yang masuk dalam kategori aman,” kata AKBP Jon Wesly, Senin (10/12/2018).

Kapolres Pati menjelaskan desa yang masuk dalam kategori rawan adalah desa yang terdapat lebih dari dua calon kades. Dari calon kades itu tidak ada hubungan suami istri atau saudara, tapi belum pernah terjadi konflik.

Kategori rawan ini memiliki jumlah yang paling banyak, yakni 37 desa yang hampir seluruhnya tersebar di kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades pada 15 Desember mendatang.

Sedangkan kategori rawan 1 adalah desa yang terdapat lebih dari dua calon, bukan berstatus suami istri atau saudara ditambah pernah terjadi konflik di desa bersangkutan. Kategori rawan 1 ada 15 desa yang terindikasi, sebagian banyak terdapat di kecamatan yang terletak di bagian timur kota mina tani.

“Data tersebut bisa saja berubah,” lanjut AKBP Jon Wesly.

Dari identifikasi ini, pihak Polres Pati mempersiapkan pasukan cadangan yang berjaga apabila dibutuhkan, meski sudah ada pasukan lain yang diterjunkan sesuai penempatan.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.