Home Info Pati Ini Hasil Evaluasi Penerapan Siskeudes di Pati

Ini Hasil Evaluasi Penerapan Siskeudes di Pati

Siskeudes di Pati, Desa Di Pati
nug/Wartapati. Evaluasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes pengelolaan keuangan dan pembangaunan desa yang partisipatif, transaparan dan akuntabel di ruang rapat paripurna DPRD Pati, Selasa (10/7/2018).

Wartapati.com Pati – Secara umum penerapan Sistem Kelola Keuangan Desa (Siskudes) di Kabupaten Pati tergolong lancar. Banyak dari perangkat dan kepala desa yang terbantu dalam mengelola keuangan desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Asli Daerah (APBD).

Baca juga: Rebutan Gunungan Makanan Sedekah Bumi Desa Mojoagung, Trangkil

Hal itu diungkapkan Bupati Haryanto saat evaluasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang partisipatif, transparan dan akuntabel di ruang rapat paripurna DPRD Pati, Selasa (10/7/2018).

“Kali ini evaluasi, agar tata keuangan oleh desa dengan sistem yang tidak rumit, akhirnya bisa dilaksanakan. Sering kali desa ini memang beda SDM dibanding pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Saat perekrutan ada persyaratan yang spesifik. Kalau kades, SDM belum dibekali dengan SDM yang memenuhi,” ungkapnya.

Penerapan Siskeudes juga berguna bagi perangkat desa agar tidak terjerat hukum yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa. Aplikasi yang diluncurkan sejak 2016 ini membawa kabupaten Pati mendapat penghargaan di tahun 2017.

“2017 Pati dan Boyolali diundang presiden, dengan perwakilan dua kades, waktu itu Desa Tambaharjo dan Mintorahayu bersama 13 kabupaten/kota se-Indonesia. Aplikasi ini menghitung pajak, sehingga tidak kesulitan. sehingga pemanfaatan APBD ada keterbukaan,” kata Haryanto.

Baca juga: Kirab Pusaka Sedekah Bumi Mojoagung, Trangkil

Seluruhnya, yang berjumlah 401 desa di kabupaten mina tani ini mampu menjalankan aplikasi Siskeudes.

“2016 sosialisasi, menerapkan aplikasi karena sangat bermanfaat. Tahun 2017 dari 401 desa bisa online seluruhnya. Jadi tidak ada yang tidak pakai aplikasi Siskeudes. Memudahkan SKPD, dan mengetahui perkembangan dengan baik. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.