Home Wisata Ingin Jadi Mas dan Mbak Duta Wisata Pati, Baca Ini Dulu

Ingin Jadi Mas dan Mbak Duta Wisata Pati, Baca Ini Dulu

SHARE
Duta Wisata Pati, Finalis Duta Wisata Pati 2018
istimewa/wartapati. Jadwal grand final Duta Wisata Pati

Wartapati.com Pati – Duta wisata ialah program rutin tahunan dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati guna menyeleksi kader pemuda yang mendukung sektor pariwisata daerah. Namun ada beberapa hal yang menjadi poin utama agar bisa lolos seleksi dan menjadi duta wisata Pati.

Kepala Dinporapar Pati melalui Kabid Pemasaran, Wiyadi mengatakan, untuk tahap seleksi administrasi, peserta boleh mendaftar dari kalangan umum, pelajar atau mahasiswa. Dengan membawa persyaratan diantaranya, KTP yang menunjukan kediaman di wilayah Kabupaten Pati.

Baca juga: Belum Ada Edaran Jam Buka Warung Saat Ramadhan, Ibadah Puasa Warga Pati Kondusif

Syarat lainnya adalah berusia 17 sampai 25 tahun dan belum menikah. Dari penampilan fisik ada batasan tinggi badan yang menjadi poin seleksi dari panitia, yakni perempuan dengan minimal tinggi badang 165 sentimeter sedangkan laki-laki tidak boleh kurang dari 170 sentimeter.

Proses seleksi berikutnya, peserta wajib mengikuti tes tertulis dan wawancara. Metode wawancara ini yang menjadi poin penting bagi juri untuk mengetahui atau memanggil bakat peserta yang memiliki nilai lebih.

“Nilai lebih bisa seni, teknik pidato atau nilai lebih lainnya. Tahun-tahun lalu kami amati semua potensi yang memiliki nilai lebih baik akademik maupun non akademik,” kata Wiyadi.

Kabid Pemasaran Dinporapar Pati menambahkan, penjurian dilakukan dari kalangan akademisi, praktisi dan pelaku usaha pariwisata.  Sehingga setelah menjalani tahapan seleksi seperti penjelasan sebelumnya, maka panitia mengambil 10 hingga 15 peserta melalui pengumuman hasil seleksi.

“Kami pembekalan, kami mencari nilai lebih asli atau polesan dari peserta. Polesan hanya belajar instan, tidak mendetail. Yang asli yang kita cari, asli bukan polesan. Karena kami kompleks ada keterampilan hingga wawancara,” kata Kabid Pemasaran Dinporapar Pati.

Seleksi dari sisi usia dan tingkatan pendidikan tidak menjadi patokan pasti bagi peserta lolos atau tidaknya seleksi duta wisata Pati.

Baca juga: Jelang Pilgub Diskominfo Pati Pantau Group Sosial Media

“Minimal SLTA. Belum tentu kalah dengan sarjana. Kan ada penilaian yang lain seperti postur tubuh, keahlian, ketrampilan. Seleksi tertulis satu hari, wawancara  butuh waktu dua hari. tiap juri ada wawancara di ruangan,” katanya.

Grand final mas dan mbak duta wisata Kabupaten Pati direncanakan pada Sabtu malam 4 Agustus 2018. Info selengkapnya bisa mengunjungi akun @dinporapar.pati. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.