Home Info Pati Hindari Lelah, Penghitungan Suara Pilkades Boleh Lebih dari Satu Tempat

Hindari Lelah, Penghitungan Suara Pilkades Boleh Lebih dari Satu Tempat

berita pati hari ini
Istimewa/Wartapati. Bupati Pati Haryanto saat membekali pelaksanaan Pilkades serentak di pendopo kabupaten, Senin (10/12/2018).

Wartapati.com Pati – Untuk menghindari kelelahan petugas ketika menghitung surat suara dalam Pilkades di Kabupaten Pati sudah dipertimbangkan matang oleh pemkab setempat.

Menyiasati itu, penghitungan jumlah suara diperbolehkan dilakukan di masing-masing dapil dalam satu desa yang sudah ditentukan.

“Regulasinya kita harap pilkades ini berjalan dengan aman. Jadi dihitung per kotak itu boleh. Dihitung di dua, tiga tempat per dapil itu boleh. Hanya saja kami bersama forkoimda ini memertimbangkan agar pelaksanaan pilkades ini tidak larut malam.” Kat Bupati Haryanto usai pembekalan pelaksanaan Pilkades Serentak kepada calon Kades di pendopo kabupaten, Senin (10/12/2018).

Lanjutnya, langkah yang dipilih itu untuk menghindari indikasi kerawanan apabila petugas mengalami kelelahan hingga larut malam.

Pihak Forkopimda sudah mendatangi desa-desa yang dianggap rawan dalam pelaksanaan pilkades serentak ini. Dalam kunjungan itu, Forkopimda sekaligus menyampaikan pertimbangan soal penghitungan surat suara.

“Karena itu kami hadir di satu tempat, di Langgenharjo itu disepakati yang awalnya itu satu, kami beri pertimbangn jadi dihitung dua tempat. kemudian di trangkil misalnya jumlah pemilih hampir 8000, banyak gak kalau hanya satu-satu mulai jam dua bisa tengah malam akhirnya jadi kerawanan,” katanya.

Tambah Bupati Pati, langkah semacam itu sudah dilakukan oleh desa lain berkali-kali dan terbukti aman.

“Karena ada desa yang sudah melaksanakan bisa dipakai yurisprudensi (acuan) bahwa itu dilaksanakan berkali-kali itu juga aman,” pungkas Haryanto.nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.