Home Info Pati Himpunan Nelayan Pati Keluhkan Pelarangan Cantrang Beroperasi

Himpunan Nelayan Pati Keluhkan Pelarangan Cantrang Beroperasi

99
0
SHARE
Nelayan Pati, Himpunan Nelayan Pati
Nug/Wartapati. Kapal di TAPI I Juwana

Wartapati.com Pati – Himpunan Nelayan Pati Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pati mengeluhkan pemberlakuan kebijakan pemerintah yang melarang penggunaan alat tangkap cantrang.

“Bahwa kita mengalami dilema tentunya, kami mengharap ada satu penyelesaian yang baik dan itu dari pemerintah maupun rakyat sendiri. Biar tidak berkepanjangan,” kata Mulyadi, Wakil Ketua HNSI Pati, Kamis (4/1/18).

Dari pelarangan cantrang memunculkan banyak masalah, seperti kendala keuangan yang berhubungan dengan perbankan untuk mengganti alat tangkap lain, hingga perpanjangan izin beroperasinya kapal cantrang.

Baca Juga : Nelayan Juwan Tunggu Perintah Uji Petik Cantrang

“Kami harap ada terobosan dari pemerintah, bagaimana upaya nelayan cantrang ini ada suatu pinjaman modal untuk mengganti alat tangkap cantrang ke alat tangkap lain. Selain itu mereka terbebani biaya perbankan,” katanya.

Disisi internal HNSI/Himpunan Nelayan Pati sudah mencari solusi untuk menemukan kesepakatan yang tidak merugikan semua pihak yang bersangkutan. Dari data HSNI, nelayan cantrang di Pati sebanyak 148 kapal. Jumlah tersebut menurun dibanding waktu sebelumnya yang mencapai 300an kapal.

Karena maslah bervariasi dari pemilik-pemilik itu sendiri termasuk kendala perbankan, merubah alat tangkap, itu juga memusingkan. Adajuga yang menginginkan perpanjangan perpanjangfan tangkap ikan menggunakan cantrang dan itu sebagian. Mengganti alat tangkap secara mandiri.

Kami harap ada terobosan dari pemerintah bagaimana upaya nelayan cantrang ini ada suatu pinjaman modal untuk mengganti alat tangkap cantrang ke alat tangkap lain. Selain itu mereka terbebani biaya perbankan.

“Ada perubahan alat tangkap purching, ada juga grill net, long line dan sekarang ini masih ada alat tangkap cantrang. Nah ini peran pemerintah agar bijak mengatasi persoalan ini” Ungkap Mulyadi wakil Himpunan Nelayan Pati[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here