Home Berita Nasional Hasil Mediasi Bawaslu Pati Soal Telat Penyerahan LADK PAN

Hasil Mediasi Bawaslu Pati Soal Telat Penyerahan LADK PAN

Hasil Mediasi Bawaslu Pati Soal Telat Penyerahan LADK PAN
Nug/Wartapati. Mediasi proses sengketa pemilu oleh Bawaslu Pati melibatkan KPU Pati dengan DPD PAN.

Wartapati.com Pati – Hasil mediasi soal sengketa keterlambatan penyerahan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) sudah sampai pada kesepakatan.

Hasil mediasi atas sengketa proses pemilu oleh Bawaslu Pati, dimana KPU Pati bersedia mencabut berita acara yang pernah dikeluarkan terkait penerimaan LADK DPD PAN Pati.

Tak hanya itu, pihak KPU daerah segera memperbaharui berita acara terkait LADK parpol bergambar matahari tersebut.

Demikian ungkap Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Achwan usai membacakan putusan sidang mediasi penyelesaian proses, Kamis siang (11/10/2018) di kantor Bawaslu Pati.

“Dengan memperbarui berita acara yang baru dari DPD PAN Kabupaten Pati akan diterima oleh KPU, dengan catatan tidak mengulangi lagi pada tahapan-tahapan pemilu berikutnya. Dan pihak pemohon juga menyepakati hal tersebut,” katanya.

Sementara sekretaris DPD PAN Pati Kasirin mengaku puas atas mediasi Bawaslu. Atas kesepakatan ini, pihaknya bisa lebih berkonsentrasi pada pemilu 2019.

“Semoga dengan kasus ini, bisa memberi pembelajaran kami sebagai pengurus untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan sesuatu yang berkaitan dengan administrasi penyelenggaraan pemilu,” kata Kasirin.

Ketua KPU Pati M. Nasich mengaku proses mediasi yang melibatkan Bawaslu merupakan bentuk pelayanan pada peserta pemilu dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya pihaknya sudah menyampaikan kepada semua peserta pemilu untuk menaati peraturan.

“Kita memang dari hasil mediasi ini ada putusan kita harus menerima. Sekali lagi kita semangatnya pelayanan. Artinya, kita tidak ingin mempersulit siapapun karena memang aturannya harus kita tegakkan ya kita tegakkan,” papar M. nasich.

Sengketa proses itu terjadi, saat KPU Kabupaten Pati tidak mengakomodir PAN Kabupaten Pati sebagai peserta Pemilu 2019 dengan Berita Acara (BA) Nomor 318/BA/kpu-kab.pati/X/2018. Itu karena PAN terlambat menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) ke KPU Kabupaten Pati, sampai batas waktu yang ditentukan, 22 September 2018.Nug

Lihat Juga Aksi Keperdulian Kerukunan Umat Beragama Di Juwana Pati 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.