Home Berita Nasional Hasil Ajudikasi Sengketa Proses Pemilu PKS dan KPU Pati

Hasil Ajudikasi Sengketa Proses Pemilu PKS dan KPU Pati

Nug/Wartapati. Ketua Bawaslu Pati, Ahmadi pimpin sidang ajudikasi pembacaan putusan, Senin (3/9/2018).

Wartapati.com Pati – Bawaslu Pati memutuskan kabulkan permohonan PKS terkait seluruh bacaleg PKS yang dinyatakan TMS di dapil 5 untuk dilakukan verifikasi dan mengakomodirnya di daftar calon sementara (DCS). Keputusan itu setelah melalui sidang ajudikasi antara KPU dan PKS berakhir pada Senin (3/9/2018).

Baca Juga : Dpd-pks-pati-sengketa-proses-pemilu-berlanjut-ke-ajudifikasi

Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Ahmadi, dalam putusannya menyebut, KPU diberi waktu tiga hari untuk menjalankan putusan sidang ajudikasi, pasca dibacakannya putusan sidang.

”Ya intinya mengabulkan permohonan PKS, mengenai kosongnya bacaleg PKS di dapil 5 untuk diakomodir masuk ke dalam DCS,” terang Ahmadi.

Dasar mengabulkan gugatan itu, katanya, melihat dari bukti-bukti di persidangan yang berlangsung sejak dimulai pada Kamis (23/8) kemarin.

“Putusan ini tidak final, pemohon bisa mengajukan koreksi. Namun pengajuan koreksi putusan hanya bisa dilakukan oleh pemohon. Tidak untuk termohon. Itu juga dibatasi maksimal sehari setelah putusan untuk mengajukan koreksi putusan ke Bawaslu RI,” imbuhnya.

Fakta-fakta persidangan itu, lanjut Ahmadi seperti adanya pengurusan legalisir di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Bacaleg PKS sudah mengurus berkas tersebut pada tanggal 30 Juli, dan dijanjikan selesai tanggal 31 Juli.

Namun berkasnya malah ketlingsut, dan oleh Dukcapil diarahkan untuk mengumpulkan kembali.

Ketua KPU Kabupaten Pati, Much Nasich mengungkapkan, akan segera menindaklanjuti keputusan dari Bawaslu tersebut.

”Kami sudah menyaksikan sendiri mengenai putusan dari sidang ajudikasi tadi. Ya, kami akan mengakomodir bacaleg PKS di dapil 5. Kami akan mencermati lagi sesuai putusan dari majelis ajudikasi, serta koordinasi terkait pleno penetapan DCS tersebut,” jelas Nasich.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Narso bersyukur atas hasil putusan yang dibacakan majelis ajudikasi, dimana permohonan untuk mengakomodir bacaleg PKS di dapil 5 bisa masuk DCS.

”Alhamdulillah, ini merupakan awal yang baik di Pemilu 2019, gugatan dari PKS dikabulkan Bawaslu. Saya rasa ini awalan yang baik untuk PKS dalam memulai tahapan pesta demokrasi tahun depan,” paparnya.

Lanjut Narso, pihaknya sudah merasa puas dengan keputusan sidang ajudikasi, dan tidak akan menggunakan haknya untuk koreksi keputusan ke Bawaslu RI. /NUg

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.