Home Info Pati Jumat Bersih, Dukung Hari Maritim Pungut Sampah Sungai Silugonggo

Jumat Bersih, Dukung Hari Maritim Pungut Sampah Sungai Silugonggo

32
0
SHARE
Sungai Silugonggo
Istimewa/Wartapati. Anggota Koramil 02/Juwana dan elemen masyarakat karya Bhakti gotong royong Jumat bersih pungut sampah dan limbah industri di Sungai Silugonggo, Jumat (29/9).

Wartapati.com Juwana – Hari Maritim yang jatuh 28 September, Koramil 02/Juwana, Polsek Juwana dan komponen masyarakat gotong royong karya bhakti membersihkan sungai Silugonggo dari sampah dan limbah industri, Jumat (29/9).

Karya Bhakti dipimpin langsung Danramil, Kapten Inf. Yahudi, sedikitnya 70 orang dari Koramil, Polsek, Kecamatan, Syahbandar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan masyarakat memungut sampah dari sungai yang melintas di Syahbandar dan TPI Desa Bajomulyo, Juwana.

Baca Juga : Kodim 0718 Pati Peringkat Empat Lomba Binter Utama Tahap II

“Bersih bersih sampah Sungai Silugonggo merupakan rangkaian dari program dan target bahwa kita sungai bebaskan dari sampah. Sehingga lestari dan nyaman untuk kepentingan masyarakat. Kegiatan ini akan di laksanakan setiap bulan bersama dengan instansi lain,”ungkap Danramil 02/Juwana.

Perbersihan juga menyasar anak Sungai Silugonggo. Melalui giat Jumat Bersih, diharapkan menumbuhkan budaya malu membuang sampah sembarangan. Disamping itu, memotivasi masyarakat sepanjang sungai tersebut membuang sampah pada tempatnya. Keberadaan sampah mengganggu aktivitas keluar masuk kapal kecil.

Kepala Syabandar, Japet Simanjuntak menyambut baik kegiatan Bersih bersih sampah ini sekaligus mengapresiasi Koramil 02/Juwana karena berhasil memotori Jumat Bersih. Menurutnya kegiatan ini sangat berarti sekali untuk menjaga aliran sungai dari tumpukan sampah.

“Beberapa titik dari lebar sungai mulai mengecil sehingga menghambat aliran di karenakan banyaknya  tumpukan sampah dan sekaligus mengganggu aktivitas kapal. Ini perlu penyadaran kepada semua pihak terutama pemilik kapal harus menjadi perintis serta menjadi contoh kepada masyarakat untuk tertib tidak membuang sampah di sungai,” pungkas Japet Simanjuntak.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here