Home Politik Hanya Tiga PPK Perkecamatan Untuk Pileg Hingga Pilpres 2019

Hanya Tiga PPK Perkecamatan Untuk Pileg Hingga Pilpres 2019

Nug/Wartapati. PPK yang dilantik KPU Pati untuk Pileg dan Pilpres 2019.

Wartapati.com Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati melantik 63 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bakal bertugas untuk Pileg hingga Pilpres 2019, Kamis (8/3/2018).

Jumlah PPK tersebut nantinya dibagi pada 21 kecamatan di Kabupaten Pati, sehingga hanya ada tiga PPK yang bertugas dalam satu kecamatan.

Baca juga: Seorang Pria Ditemukan Tewas Di Hotel Mulia Pati

PPK yang dilantik itu berasal dari PPK yang sebelumnya bertugas saat Pilgub 2018 berjumlah 5 orang. Melalui seleksi dari KPU Pati, dipilih 3 orang untuk bertugas menjadi PPK Pileg dan Pilpres.

Ketua KPU Kabupaten Pati M. Nasich menggatakan, ada perbedaan jumlah keanggotaan PPK untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, dengan keanggotaan PPK untuk pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

“Jadi mereka kita lakukan evaluasi terhadap pemilihan penyelenggara seleksi keanggotaan PPK Pilgub kemarin. Kita evaluasi dari 5 itu, caranya mereka melakukan evaluasi secara internal kemudian kita evaluasi ditingkatkan hasil-hasilnya ini 3 orang ini yang terbaik,” katanya Ketua KPU Kabupaten Pati M. Nasich usai melantik di Safin Hotel.

Baca juga: Begini Komentar Ketua DPRD Pati Soal Tolak UU MD3

Pengurangan jumlah PPK tiap kecamatan mengacu pada ketentuan Peraturan KPU dimana ada 5 PPK di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Namun sesuai dengan Undang-Undang dikurangi 2 menjadi 3 PPK yang dipilih terbaik untuk menjadi PPK pada pemilihan tahun 2019 mendatang.

Usai pelantikan, PPK mendapat pembekalan materi dari KPU Pati terkait pelaksanaan pemilu tahun depan. Selain itu, PPK dalam waktu dekat ini diwajibkan segera melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS). [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.