Home Politik Hanya Boleh Pakai 10 Jejaring Sosial Selama Berkampanye

Hanya Boleh Pakai 10 Jejaring Sosial Selama Berkampanye

Ilustrasi

Wartapati.com Pati – Media sosial (Mesos) digunakan selama masa kampanye Pemilu serentak 2019. Terhitung sejak 23 September 208 hingga 3 April 2019 masa kampanye dimanfaatkan parpol, caleg, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan tim kampanye pasangan Capres.
Namun dari masing-masing pelaku kampanye hanya boleh menggunakan 10 jejaring sosial yang ada, dan itu wajib memberitahu kepada KPU setempat.


Namun dari masing-masing pelaku kampanye hanya boleh menggunakan 10 jejaring sosial yang ada, dan itu wajib memberitahu kepada KPU setempat.

Misal pelaku kampanye adalah caleg di tingkat DPR maka pemberitahuannya ke KPU Pusat. Demikian berlaku pada tingkatan bawah yang mana pada tingkat DPRD I dan DPD harus melapor ke KPU Provinsi dan DPRD II ke KPU Kabupaten atau kota.

Demikian kata Ketua KPU Pati M. Nasich. Apabila tidak ada laporan ke pihaknya, maka termasuk pelanggaran. Bukti-bukti pelanggaran tersebut akan dihimpun pihak yang berwenang pasalnya untuk menciptakan situasi tertib berkampanye melalui medsos.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah caleg hingga tim kampanye capres tidak saling menghujat atau bahkan menyebarkan ujaran kebencian.

“hal lain yang mendapat perhatian ekstra ketat tentu penyampaian berita-berita bohong (hoax),” kata Nasich.

Intensitas kampanye via medsos tidak terbatas dengan berpedoman pada ketentuan yang telah disebutkan. Bagi admin grup medsos tidak boleh ikut campur. Hal yang sama berlaku pada pelaku kampanye yang dinilai memecah kekompakan dalam grup medsos, seperti admin mengeluarkan yang bersangkutan yang biasanya berlaku secara umum.

“Karena itu untuk mengendalikan semua yang berkampanye di Medsos tetap harus menyampaikan pemberitahuan kepada KPU sesuai tingkatan masing-masing,” pungkasnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.