Home Politik Hampir Semua Caleg Belum Lengkap Berkas Administrasi

Hampir Semua Caleg Belum Lengkap Berkas Administrasi

Berkas Administrasi
Nug/Wartapati. verifikasi penelitian berkas administrasi oleh staff dan tenaga pendukung KPU Pati.

Wartapati.com Pati – Hampir semua calon anggota legislatif (caleg) yang terdaftar di KPU Pati belum memenuhi persyaratan sebagai bakal caleg. Hal itu diketahui setelah proses verifikasi penelitian berkas administrasi oleh staff dan tenaga pendukung KPU Pati.

Baca juga: Siswi SMK Teknik Kapal Termotivasi Ikut Duta Wisata

Komisoner KPU Pati, Supriyanto menuturkan verifikasi itu hingga Sabtu, 21 Juli 2018. Sebanyak 643 caleg yang terdiri dari 375 laki-laki dan 268 perempuan masih di penelitian berkas.

“Hampir semua partai politik nanti ada yang harus diperbaiki dari dengan kata lain belum ada satu partai pun di Pati yang lolos di tahap pertama kali. Harus ada mekanisme perbaikan. Jumlahnya memang berbeda-beda ada yang sedikit, ada yang apa hampir semua. Juga hanya ada satu atau dua calon saja yang harus dilengkapi,” katanya, Kamis (19/7/2018).

Kata Supriyanto, masih ada lokasi waktu tiga hari terhitung dari tanggal 19-21 Juli 2018 untuk proses verifikasi berkas administrasi pendaftaran caleg dari parpol.

“Maka kami akan meminta itu kepada partai politik untuk dilengkapi pada 22 sampai dengan 31 Juli 2018. Dari hasil pemeriksaan sementara, hampir semua partai politik nanti harus diperbaiki,” terangnya.

Rata-rata berkas yang belum dilengkapi dari caleg yang terdaftar meliputi ijazah, SKCK, surat keterangan dari pengadilan negeri, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan bebas narkoba. Kemudian surat bagi caleg khusus.

Baca juga: Peserta Kang Mas Mbakyu Duta Wisata Pati Technical Meeting

Komisioner KPU Pati Supriyanto mengatakan, setelah 31 Juli 2018 mendatang, KPU akan memberi satu kali kesempatan kepada semua partai politik untuk membenahi, atau memperbaiki dokumen syarat calon anggota legislatif (caleg) yang didaftarkan ke KPU. Namun, bila sampai batas waktu perbaikan, ternyata tidak memenuhi kelengkapan persyaratan  berarti yang bersangkutan dinyatakan tidak lolos administrasi. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.