Home Info Pati Gubernur NTB Kunjungi GUs Umar, Kajen

Gubernur NTB Kunjungi GUs Umar, Kajen

SHARE
Gubernur NTB
redaksi/wartapati Gubernut NTB Berkunjung

Wartapati.com Margoyoso – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) berkunjung ke kediaman Gus Umar, Kajen, Margoyoso, Pati, Sabtu sore (17/2/2019).

“Tujuan khususnya karena ingin belajar dengan beliau yang memiliki wawasan sangat luas,” kata TGB.

Baca juga: Kyai Nur Rohmat, Sosok Religius Dan Nasionalis

Selain itu, ia mengungkapkan kunjungan yang disebut silaturahmi ini karena ada beberapa alumni Al-Azhar yang ada di sekitar Pati. Dan sesama warga ponpes, memiliki ketertarikan pada hal yang sama.

“Terutama pondok pesantren bisa menghasilkan bahan-bahan banyak untuk kebangkitan dan kemajuan bangsa juga,” imbuh TGB.

Disinggung terkait santri dan kebangsaan, Tuan Guru Bajang mengaku ada hubungan khusus sejak NKRI belum diproklamasikan.

Baca juga: Inilah Pesan Terakhir Kyai Nur Rohmat Untuk NKRI

“Santri sejak sebelum kemerdekaan itu sudah memiliki peran sentral dalam pembentukan bangsa jadi ranah kebangsaan itu, bagi santri adalah ranah yang sudah mendarah daging dan kalau disebut politik yaitu politik juga, tapi lebih kepada politik kebangsaan,” terangnya.

TGB menambahkan, bahwa peran Santi dan ponpes ibarat kesebelasan sepak bola, dimana dua hal tersebut pada posisi pemain back dan penjaga gawang. Artinya pertahanan paling inti.

“Pesantren, barisan-barisan pertahanan terakhir bangsa ada di pondok-pondok pesantren. Jadi harus kuat harus bisa mempertahankan keutuhan negara,” kata Tuan Guru Bajang sebelum naik mobil menuju Jepara. [NUG]

Comments

comments

1 COMMENT

  1. Selamat dan tetap istiqamah buat Ajengan Umar Fayyumi (AUF), UMKM hanya wacana – Konglomerat masih kiblat nya. Spt memfasilitasi konglomerat memanfaat kan cagar alam Pegunungan Kendeng untuk raw material semen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.