Home Berita Nasional Gagasan Ekotren, Solusi Ekonomi Pesantren Dari Taj Yasin

Gagasan Ekotren, Solusi Ekonomi Pesantren Dari Taj Yasin

Nug/Wartapati. Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin didampingi Wakil BUpati Pati Haryanto dan Pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum Kajen Kecamatan Margoyoso saat sarasehan kedaulatan desa berbasis santri, Rabu malam (17/10/2018).

Wartapati.com Margoyoso – Ekonomi Pesantren atau disingkat dengan Ekotren nampaknya bisa menjadi satu solusi perekonomian pesantren saat ini. Roda dari Ekotren ini adalah santri santriwati sendiri yang sudah memiliki bekal kehidupan di lingkungan pesantren.

Gagasan itu diutarakan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin ketika sarasehan dengan jajaran pengasuh dan santri Ponpes Raudlatul Ulum Kajen Kecamatan Margoyoso, Rabu malam (18/10/2018).

Baca Juga : Pesantren Pati Siap Kerja Sama Dengan Perusahaan Tingkat Provinsi

Untuk menjalankan program Ekotren, pihaknya terlebih dulu melihat potensi-potensi yang terdapat di suatu pesantren.

“Kita belum tahu potensi ponpes itu beda-beda. Ada yang nanti bergerak di pertanian, perkebunan, peternakan atau bahkan industry,” paparnya.

Baca Juga : Filosofi Pesantren Pati Jadi Gagasan Kedaulatan Desa

Dari identifikasi potensi yang ada, maka bisa dilanjutkan dengan pendampingan-pendampingan dan pelatihan keterampilan dari pelaku itu sendiri, yakni santri. Agar semakin maksimal, program tersebut ditunjang dengan bantuan tunai.

“Namun bantuan ini adalah dana bergulir, kami tidak mau membantu lalu habis. Kita motivasi kalau mereka memiliki tanggung jawab mengembalikan untuk ponpes yang lain,” lanjut Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Program Ekotren rencananya diluncurkan pada 2019 nanti dengan langkah-langkah yang sudah dipaparkan tersebut.

“Berterima kasih kepada santri. Utamanya kepada kyai yang berperan mencerdaskan bangsa. Pemikiran seperti ini kita adopsi karena mereka memikirkan wasabiyah, menjaga kerukunan ini. Yang penting nanti kalau Jateng bisa rukun, guyub, tenang dan kondusif maka investor masuk ke Jateng,” kata Taj Yasin. NUG

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.