Home Kesehatan Film Pendek ini Raih Juara Favorit Hari Kesehatan Nasional

Film Pendek ini Raih Juara Favorit Hari Kesehatan Nasional

242
0
SHARE
Hari Kesehatan Nasional
wartapati. beberapa tokoh dalam film

Wartapati.com Pati – Perihatin dengan sikap acuh atas hak orang lain mendapatkan kenyamanan di fasilitas umum, nampaknya memunculkan ide pegawai rumah sakit daerah, Bayu untuk membuat film imbauan merokok di fasilitas umum. Film tersebut Juga meraih juara favorit film pendek Dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017.

Disela aktivitasnya sebagai staf rumah sakit daerah, Bayu merasa tertantang untuk membuat film yang bertema kesehatan, terlebih bertepatan dengan HKN 2017. Ide tersebut muncul dari pengamatannya pada lingkungan rumah sakit dimana sejumlah pengunjung yang acuh terhadap kenyamanan pengunjung lain karena gangguan asap rokok.

Dengan melibatkan 7 tokoh utama yang juga rekan kerjanya, Bayu berhasil membuat film berdurasi 4.53 menit.

“7 orang itu dari pegawai rumah sakit sendiri, Di HKN ke-53 ini kami mengambil tema tersebut karena ada pengunjung yang “ndableg” dinasehati tentang merokok di lingkungan rumah sakit atau kesehatan,” terang Bayu.

Film pendek berjudul ‘Nikmatmu Ancaman Sekellilingmu’ menyeritakan seorang pengunjung yang kepergok merokok pada halaman rumah sakit, dan mendapat teguran dari pegawai. Oleh penegur tadi, pengunjung diarahkan ke salah satu fasilitas rumah sakit untuk mendapatkan penyuluhan bahaya merokok.

“tak sebatas itu ceritanya. Saat duta anti rokok mendampingi perjalanan tokoh utama ke ruang penyuluhan bertemu dengan dokter spesialis paru-paru, tokoh utama kebetulan melihat pasien dengan dampak buruk merokok di UGD dengan kondisi yang mengerikan,” tambahnya.

Dalam perjalanan itu pula, tokoh utama melihat korban merokok yang meninggal diatas blangkar (tempat tidur) dan diantar petugas kesehatan. Diceritakan saat itu, tokoh utama dalam bayangan bahaya ancaman merokok. Hingga sampai di depan ruang operasi, bertemu dengan dokter spesialis paru-paru yang menjelaskan dampak buruk merokok kepada tokoh utama.

“pembuatannya memakai handycam dan kamera smartphone. Di adegan terakhir, tokoh utama masih nekat merokok di trotoar. Namun ada seorang yang mengingatkan, seketika itu tokoh tersadar dan membuang sebungkus rokoknya ke tempat sampah,” kata Bayu.

Film yang bersetting di lingkungan rumah sakit daerah RSU Soewondo Pati itu pun menyabet juara favorit dari 15 film karya peserta pegawai instansi kesehatan di Kabupaten Pati pada 13 November 2017. Bayu mengatakan, film dengan ‘Nikmatmu Ancaman Sekelilingmu’ bisa diakses pada Youtube.com sebagai edukasi masyarakat.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here