Home Info Pati Festival Pangan Pati, Olah Pangan Lokal Untuk Lebih Sehat

Festival Pangan Pati, Olah Pangan Lokal Untuk Lebih Sehat

berita-pati-hari-ini

Wartapati.com Pati – Gelaran Festival Pangan Lokal di Alun-alun Pati pada Sabut siang (3/11/2018) secara langsung mengajak warga pati untuk kembali mengolah pangan lokal. Dengan ajakan itu dimaksudkan agar warga bumi mina tani lebih kreatif memanfaatkan sumber bahan pangan yang terdapat disekitar.



Setidaknya ada puluhan jenis makanan lokal yang dijajarkan dalam festival tersebut. Untuk lebih memaksimalkan ajakan mengkonsumsi pangan yang lebih sehat ini, maka semua kalangan diperbolehkan berkunjung dalam festival.

Baca juga : Melalui-tirakat-ditemukan-punden-mbah-gumirah-sukoharjo-margorejo

Bupati Pati Haryanto mengatakan dengan perbub 72/2018 tentang pengembangan bahan pangan lokal, warga Kabupaten Pati bisa lebih memanfaatkan bahan pangan lokal.



“perbub itu sudah jalan hanya saja perlu dimaksimalkan saja. Kadang orang mencari kemudahan termasuk soal makanan. Kalau pangan lokal membutuhkan waktu. Namun untuk menyajikan dalam bentuk roti  itu bentuk makanan instan lebih tepat,” terang bupati.

Baca Juga : Dpc-asita-rencanakan-angkat-potensi-wisata-lokal-pati-melalui-paket-wisata-tiongkok-kecil

Tak hanya itu, generasi pelajar pun kini sudah jarang mengetahui nama makanan-makanan lokal. Maka gelaran festival pangan ini sangat membantu bagi generasi muda untuk kembali membudayakan makanan lokal yang kini tengah bersaing dengan pangan-pangan impor.



Sementar itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Pati Sujono menuturkan olahan pangan lokal ini mencegah pangan impor yang saat ini marak.



“Ini menjadi impian saya sejak awal masuk Distapang. Melihat konsumsi untuk bahan baku pangan lokal ini dipati cukup banyak. Hanya saja selama ini belum termanfaatkan,” katanya.



Sujono menambahkan apabila bahan baku ini dimanfaatkan dengan maksimal melalui inovasi maka akan bertambah nilainya.



“Secara langsung juga menambah pendapatan masyarakat dan kesejahteraan lebih baik. Hal itu tentu kembali pada kita masing-masing,” pungkasnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.