Home Info Pati Entaskan Dari Pekerjaan Lama, Mantan PSK dapat Ketrampilan Baru

Entaskan Dari Pekerjaan Lama, Mantan PSK dapat Ketrampilan Baru

Mantan PSK
Nug/Wartapati. Pelatihan membuat kue bagi wanita mantan persoalan sosial di Aula Dinsos Pati, Kamis (12/7/2018).

Wartapati.com Pati – Sebanyak 28 wanita eks Pekerja Seks Komersial (PSK) atau yang sekarang disebut mantan wanita dengan persoalan sosial mendapat pelatihan ketrampilan lain. Pelatihan itu guna mengentaskan peserta dari pekerjaan yang lama.

Baca juga: Bakal Caleg Serbu Disdukcapil Urus Kelengkapan Syarat

Pelatihan yang diterimanya ialah ketrampilan membuat kue kering dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jateng melalui Dinsos Pati, Kamis (12/7/2018). Sebelum menerima pelatihan, peserta terlebih dulu mendapat penyuluhan seputar kesehatan dan sosial dari tim panitia di aula Dinsos Pati.

Staf bidang Rehabilitasi Sosial, Yuli Fridayanti mengatakan langkah tersebut guna mengentaskan mereka dari persoalan sosial terkait pekerjaan sebelumnya. Keseluruhan yang mengikuti pelatihan tersebut adalah warga Kabupaten Pati yang sebelumnya melalui verifikasi dan validasi data dari petugas sosial.

“Nantinya mereka memiliki ketrampilan diluar keterampilan sehari-hari,” katanya.

Badi daerah yang mendapat pelatihan tersebut tergolong beruntung. Tahun ini ada 5 kabupaten/kota yang mendapat pelatihan sejenis.

“Di Dinsos kan ada kegiatan tahunan, hanya alokasi tiap tahun berbeda-beda. Misal kabupaten A dan B, cuma tidak sama. Jadi mungkin Pati tahun ini dapat, namun kabupaten lain tidak dapat. Karena fokusnya terbatas,” ungkapnya.

Baca juga: Alasan Polisi Pati Gelar Lomba Medsos

Salah satu peserta berinisial J asal Asal Desa Tegalombo, Dukuhseti mengaku sangat beruntung menerima pelatihan ini. Keterampilan yang diperolehnya bisa mengentaskan dari pekerjaan sebelumnya.

“Mengikuti ini senang sekali bisa mementaskan dari pekerjaan seperti itu. Ini gak sulit, optimis memasarkan produk, meski baru membuat dua jenis kue,” tuturnya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.