Home Info Pati Dua Kali Hujan Deras, Tepi Sungai Gono Desa Banjarsari Longsor

Dua Kali Hujan Deras, Tepi Sungai Gono Desa Banjarsari Longsor

Nug/Wartapati. Warga Desa Banjarsari perbaiki tepi Sungai Gono yang longsor akibat arus sungai deras, Rabu (5/12/2018).

Wartapati.com Gabus – Hujan dengan intesitas cukup deras mengakibatkan tanah tepi Sungai Gono Desa Banjarsari Kecamatan Gabus, Pati mengalami longsor. Aliran air sungai yang deras merusak tepi sungai di dua titik.


Tak hanya itu, aliran yang deras juga mengakibatkan sumbatan arus sungai karena sampah kebun. Ranting pohon dan lumpur menyumpal di bawah jembatan yang biasa diakses warga.

Kepala Desa melalui Kepala Dusun Banjarsari Marzuki menuturkan sampah kebun terbanyak yang terbawa aliran sungai setelah hujan deras kedua. Potensi sumbatan terbesar ada di jembatan dan parit-parit.

Baca Juga : Hujan Deras, Sampah Kebun Menyumbat Sungai Gono Desa Banjarsari

“Ada tiga titik, pertama di (Dukuh) Banjarsari lokasinya di RT 3/1 sepanjang 10-15 meter. Kedua RT 2/1 kemudian di jurusan Banjarsari-Mintobasuki nanti bisa tersumbat juga. Tanggul longsor dua titik,” katanya, Rabu (5/12/2018).

Langkah pemdes setempat agar gerusan air tidak meluas, maka warga bekerja bakti membuat tanggul dari tanah yang ditimbun menggunakan zak dan bantuan bambu di lokasi tepi sungai yang longsor.

“Kita bisa darurat, secara manual seperti warga untuk penanggulangan agar tidak longsor,” Imbuh Marzuki.

Kadus Banjarsari Marzukui menambahkan pihak pemdes sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati untuk bersiaga, terutama tenaga relawan.

“BPBD apabila nanti ada kejadian lagi di sana bisa diminta tenaga relawan,” pungkasnya.Nug



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.