Home Info Pati Dua Desa di Pati Dan Juwana Wacana Jadi Kelurahan

Dua Desa di Pati Dan Juwana Wacana Jadi Kelurahan

berita pati petani pati
Ilustrasi

Wartapati.com Pati – Dua desa di wilayah Kecamatan Pati dan kecamatan Juwana masuk dalam wacana berganti status dari desa menjadi kelurahan.

Dua desa itu adalah Ngarus dan Puri untuk kawasan kota serta Kauman dan Pajeksan yang ada di Juwana. Empat desa itu letaknya berada di keramaian satu kecamatan.

Ketua Komisi A DPRD Pati Adji Sudarmadji mengatakan pergantian status itu salah satunya untuk menghindari kesetaraan pelayanan kepada masyarakat.

Baca JugaPohon Kawasan Pati Media Empuk Pasang Alat Peraga Kampanye

Terlebih pemerintah pusat sudah menggelontorkan alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) yang juga masuk ke kelurahan.

Beralihnya desa menjadi kelurahan merupakan upaya meminimalkan kesenjangan pelayanan masyarakat antara desa dan kelurahan.

“Pemerintah memberikan bantuan semacam DD dan ADD kepada kelurahan sehingga tidak ada diskriminasi antara desa dan kelurahan. Agar kesetaraan ini menjadikan pemerintahan kelurahan bisa memberikan kontribusi pelayanan kepada masyarakat kelurahan,” jelasnya, Jumat (16/11/2018).

Perubahan itu diatur dalam pasal 22 UU Nomor 6 tahun 2016 tentang Desa, yang ditindaklanjuti dengan pasal 122 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 tahun 2014 tentang perubahan desa menjadi kelurahan. adji berharap pihak terkait memahami peraturan tersebut.

Keberadaan desa yang berdekatan dengan keramaian satu kecamatan, katanya, akan lebih pantas jika beralih menjadi kelurahan.

 

Lihat SMA Kartini Rembang Gelar Peringatan Hari Pahlawan

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.