Home ReneGo Dongkrak Daya Saing UMKM Pati, Pelaku Ikut Pelatihan

Dongkrak Daya Saing UMKM Pati, Pelaku Ikut Pelatihan

Nug/Wartapati. Executive Grand Manager PT Indomarco, Untung Waluya.

Wartapati.com Pati – Puluhan pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) lokal Pati mendapat pelatihan dari satu pihak toko modern, Selasa (18/9/2019). Pelatihan melibatkan toko modern tersebut dengan tujuan mampu mendongkrak daya saing pelaku UMKM lokal dengan produk industri.

Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin menuturkan, adanya pihak toko modern memberi materi pasalnya lebih mengetahui kebutuhan pasar modern yang tengah berkembang. Terlebih banyak produk industri yang mayoritas memasuki manajemen toko modern hingga tingkat kabupaten.

“Kedua, UMKM kalau disamakan dengan pabrikan, contohnya masuk produk di UMKM bisa dipercepat, misal pelaku seminggu bayar (setoran karena dengan modal terbatas untuk biaya produksi lagi-red). Kalau pabrikan bisa sebulan baru bayar. Tidak bisa kita samakan agar daya saing ini bisa dimiliki UMKM,” ujar Saiful Arifin.

Kesepakatan itu tentu dibarengi dengan komitmen pelaku UMKM sendiri. Misalkan dengan kualitas produk dan penampilan terutama kemasan yang bisa menarik minat pasar.

“Saya rasa produk disini memiliki memiliki kualitas bagus tinggal kita poles dalam arti kemasan. Nah ini sangat penting karena ada PT Indomarco mengadakan training seperti ini. ini yang kita butuhkan untuk menumbuhkan daya saing kawan dari UMKM,” terang Wakil Bupati Pati.

Executive Grand Manager PT Indomarco, Untung Waluya menambahkan produk unggulan pelaku UMUM Pati bisa didaftarkan ke manajemen toko modern. Dan produk tersebut akan terlebih dulu diseleksi tim agar bisa nampang di rak toko modern.

“Diseleksi ketat dari Indomaret, depkes, kemasan menarik,m tidak mudah melempem kan sifatnya tahan lama juga. Kita berharap ada ilmu yang kita sampaikan pada pelaku UMKM,” terangnya.

Saat ini produk UMKM lokal mengisi rak toko modern untuk mengikuti persaingan dengan produk-produk industri. Setidaknya ada 20 persen produk UMKM dari total produk yang terpajang di toko modern.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.