Home ReneGo Difabel Tunarungu Pati Belajar Meracik Kopi

Difabel Tunarungu Pati Belajar Meracik Kopi

Meracik Kopi
Istimewa/Wartapati. Instruktur melatih anggota Decop meracik kopi

Wartapati.com Pati – Meracik kopi dengan metode khusus saat ini tengah diminati anak muda. Siapa pun bisa menguasai teknik itu asalkan terlebih dulu mempelajarinya, termasuk difabel tuli asal Kabupaten Pati, Senin (20/8/2018).

Meracik kopi menciptakan pengalaman baru bagi mereka berkebutuhan khusus, Sehingga mereka bersemangat selama belajar menyajikan kopi. Seperti peserta difabel tuli, Dayu yang baru pertama kali mengikuti pelatihan membuat kopi dengan tampilan dan cita rasa khas.

 

Baca Juga : UMKM Difabel Pati Dapat Bimbingan Kelola Keuangan

 

“Sangat senang mengikuti pelatihan meracik kopi, karena bisa tahu bagaimana menyajikan kopi yang baik. Ini baru pertama kali saya belajar membuat kopi.” Ucap Dayu anggota Deaf Community of Pati (Decop).

Ide yang digagas ketua Decop, Andhika, bertujuan memacu semangat dari anggota melalui pengalaman baru. Syukur jika pengalaman baru tersebut berkembang menjadi usaha mandiri difabel tuli.

“Terselenggaranya pelatihan ini untuk memberikan semangat baru kepada teman-teman Decop.” Ungkap Dhika di Aula Paud Joglo Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo.

 

Baca Juga : Ribuan Warga Rembang Meriahkan Karnaval Kebangsaan

 

Instruktur peracik kopi, Ipung Lamadua menjelaskan, ada tantangan tersendiri selama melatih peserta. Terutama teknik komunikasi instruktur kepada difabel tuli.

“Kendala komunikasi. Tetapi ada solusinya, yaitu ada penerjemah dan bisa juga lewat tulisan. Jujur saya sangat gembira dan antusias untuk mengajarkan meracik kopi pada teman-teman tuli.” jelas Ipung.

Pelatihan meracik kopi bagi anggota Decop setidaknya menambah kepercayaan diri melaui keterampilan yang jarang dimiliki orang./ Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.