Home Info Pati Budaya Dari Pawai Sampai Rebutan Gunungan Sayur dan Jajan Pasar Mewarnai Haul...

Dari Pawai Sampai Rebutan Gunungan Sayur dan Jajan Pasar Mewarnai Haul Syeh Asy’ari Kamandowo Kalimulyo

Nug/Wartapati. Karnaval Syeh Azhari Kamandowo Ki Ageng Talun Desa Kalimulyo Jakenan.

Wartapati.com Jakenan – Merayakan Haul Syeh Asy’ari Kamandowo Ki Ageng Talun, ratusan masyarakat yang turut meramaikan pawai berebut gunungan sayur dan jajan pasar di depan makam Kiageng Talun,Minggu sore (23/9/2018).

Gunungan yang belum diperbolehkan panitia untuk rebutan malah terlanjur sudah digerebek warga ketika mobil yang mengangkut hendak memarkirkannya terlebih dahulu. Warga yang merebut itu ingin mendapatkan barang sebanyak-banyaknya yang terpasang di gunungan.

Ada 8 gunungan yang dipersiapkan warga. Sebelumnya gunungan tersebut diarak keliling Desa Kalimulyo bersamaan dengan karnaval. Warga menunjukan kreatifitasnya, mulai dari pawai busana fantasi, pertunjukan barongan, dan kelompok warga yang memakai baju ala petani yang menyimbolkan warga desa tersebut mayoritas bercocok tanam.

Ketua Panitia, Muhamad Ismail mengatakan, puncak acara haul dengan grebeg gunung ini, namun sebelumnya pihak panitia sudah menggelar tradisi-tradisi menjelang haul Syeh Asy’ari Kamandowo Ki Ageng Talun sejak Kamis malam Jumat sebelumnya.

“Ada adat barongan , hubbun nabi se-Kecamatan Jakenan dan paginya khataman Quran,” terangnya.


Dia menjelaskan tokoh masyarakat yang diperingati itu adalah tokoh Desa Talun Kecamatan Kayen yang menyebarkan agama Islam di sepanjang bantaran Sungai Silugonggo pada tahun 800-an masehi.

“Beliau terdampar di Dukuh Kijingan Desa Kalimulyo. Sampai kesini menurut legenda dari sesepuh dahulu, beliau mengikat burung perkutut, mengikuti jejaknya dari bantaran sungai. Dan burung itu sampai di dukuh kijingan ini.

Akhirnya Syeh Asy’ari menetap di dukuh Kijingan,” kata Ismail.
Adapun dilibatkannya budaya barongan dengan maksud nguri-uri tradisi membuang mara bahaya dengan tetap berdoa kepada tuhan yang maha esa. Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.