Home Info Pati Dapat Izin Melaut, Nelayan Cantrang Pati Gelar Shalawatan

Dapat Izin Melaut, Nelayan Cantrang Pati Gelar Shalawatan

SHARE
Nelayan Cantrang Pati
Ilustrasi/Wartapati. Kapal cantrang di Juwana

Wartapati.com Pati – Setelah mengantongi izin kembali  melaut dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementrian Perhubungan, Nelayan cantrang Pati bakal gelar sholawatan.

Sempat muncul larangan melaut, dan Januari 2018 masa berlaku izin toleransi kapal cantrang melaut dari KKP telah habis. Karena batas toleransi habis nelayan cantrang di beberapa daerah, termasuk dari Pati menggelar aksi protes hingga akhirnya izin melaut dari KKP kembali cair.

Baca juga: Trotoar Berujung Saluran Air, Bahayakan Pengguna

“Dan saking senangnya, Insyallah nanti tanggal 22 ada solawatan bersama teman-teman nelayan cantrang di Desa Bendar, lokasi depan balai desa bersama habib dari Pekalongan,” kata tokoh nelayan asal Juwana, Jamari Ridwan, Senin (19/2/2018).

Izin kembali melaut dirasa sangat penting karena untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan membayar hutang bank. Belum lagi bunga dari hutang yang semakin bertambah, memerberat kondisi keuangan nelayan cantrang jika tak melaut.

Nelayan Cantrang Pati
Ilustrasi/Wartapati. Kapal cantrang di Juwana

“Kemudahan (izin) yang dia pakai kan diatas 30 grosston yang dipakai untuk alat tangkap. Otomasits ada izin khususan, kemudahan. Karena ini urusan perut, sehingga diizinkan untuk melaut, sampai 2018 akhir,” kata Jamari.

Harapan tokoh nelayan dari Juwana ini agar izin penggunaan alat tangkap cantrang lebih diperpanjang. Selain itu, KKP dimohon agar tidak membatasi kapasitas kapal yang menggunakan alat tangkap cantrang.

Baca juga: Tahun Politik Ramai Kunjungan Ke Ponpes, Apa Harapan Gus Umar

“Mudah-mudahan itu bisa ditindakalnjuti menjadi izin di perairan nasional, sehingga tidak hanya 30 grosston saja,” harap Jamari.

Dalam satu minggu terakhir, terhitung lebih dari 100 kapal cantrang asal Pati kembali melaut meski kondisi cuaca tak menentu. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.